Sukses

Dukung Net Zero Emission, Transjakarta Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu

Ribuan pohon yang terkumpul merupakan salah satu partisipasi dari para pelanggan Transjakarta.

Liputan6.com, Jakarta PT Transportsi Jakarta (Transjakarta) menanam sebanyak 23.786 bibit mangrove di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu. Penanaman tersebut merupakan program berkelanjutan untuk mendukung Net Zero Emission.

"Jadi ini merupakan kelanjutan dari kerangka berkelanjutan yang sudah kita launching 18 Juli lalu di haltes CSW. TransJakarta meyakini kerangka berkelanjutan ini bisa jadi basic kita untuk bisa tumbuh dan berkembang ke depannya," kata Direktur Utama PT Transjakarta Welfizon Yuza, di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, Minggu (17/12/2023).

Menurut dia, langkah tersebut merupakan salah satu bentuk langkah nyata bersama Pemprov DKI Jakarta untuk mencapai Net Zero Emition pada 2050. Ribuan pohon yang terkumpul merupakan salah satu partisipasi dari para pelanggan Transjakarta.

Welfizon menyebut pelanggan yang terlibat aksi peduli lingkungan tersebut dapat memindai barcode yang ada di setiap halte Transjakarta. Kemudian melakukan donasi pembelian bibit bakau sebesar Rp20 ribu.

"Alhamdulillah saat ini sudah berkumpul 23.786 mangrove dan sekitar setengahnya 10 ribu lebih sudah ditanam, dan hari ini sisanya 13 ribu secara simbolis kita mulai ditanam dan diteruskan penanamannya di Pulau Harapan," ucapnya.

Selain itu, Welfizon menyatakan jika penanaman pohon juga turut memberdayakan para petani lokal. Dia berharap penanaman pohon ini bukan hanya mengurangi polusi atau karbon, tapi juga memberikan manfaat kepada masyarakat setempat.

"Penanaman ini kita fokuskan di Pulau Harapan karena kita bekerja sama dengan petani lokal melalui karbon etik. Sehingga tidak hanya terkait dengan lingkungan untuk bisa menyerap polusi dan menyerap karbon tapi juga ada aspek pemberdayaan," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seruan Jokowi untuk Gencarkan Penanaman Pohon di Jabodetabek

Sebelumnya, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo membahas peningkatan kualitas udara di kawasan Jabodetabek. Hasilnya, dia menyebut Presiden Jokowi meminta penanaman pohon digencarkan.

"Bapak Presiden memerintahkan kita untuk secepatnya se-Jabodetabek untuk menanam pohon," kata Heru dalam konferensi pers secara daring di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (28/8/2023).

Heru menyampaikan, sejak menjabat orang nomor satu di DKI Jakarta pada Oktober 2022 dia telah memulai aksi menanam pohon. Dia menyebut, ribuan pohon dengan ukuran 3 meter telah ia tanam di wilayah Ibu Kota.

"Saya sejak Oktober sampai bulan Juli sudah menanam pohon 25. 567 diameternya 3 meter. Di luar dari pohon-pohon yang kecil-kecil, yang berbuah itu tidak saya hitung. Tapi pohon yang tingginya 2 meter, 3 meter itu sudah 25.500 sekian," ungkap Heru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini