Sukses

PMI Luncurkan Strategi Adaptasi dan Ketahanan Iklim untuk Bantu Masyarakat

Palang Merah Indonesia meluncurkan Strategi Adaptasi dan Ketahanan Iklim untuk meningkatkan peran PMI dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan membantu masyarakatrentan agar lebih berketahanan iklim.

Liputan6.com, Jakarta Palang Merah Indonesia meluncurkan Strategi Adaptasi dan Ketahanan Iklim untuk meningkatkan peran PMI dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan membantu masyarakatrentan agar lebih berketahanan iklim.

Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla pada acara peluncuran strategi mengatakan, dampak perubahan iklim telah menjadi krisis kemanusiaan.

"Meningkatnya suhu global akibat perubahan iklim yang semakin esktrim mengakibatkan intensitas bencana alam meningkat dan mengancam keamanan pangan. Selain itu juga menyebabkan migrasi paksa, konflik, ancaman kesehatan manusia, dan kerentanan masyarakat. Perubahan iklim telah menjadi krisis kemanusiaan yang berdampak luas pada kehidupan masyarakat," kata pria yang akrab disapa JK ini dalam keterangannya, Selasa (12/12/2023).

"Strategi ini akan menguatkan kerja PMI dalam membantu masyarakat agar lebih berketahanan iklim," sambungnya.

Adapun, strategi ini difokuskan pada 6 isu strategis perubahan iklim yang relevan dengan organisasi PMI, yaitu bencana alam dan iklim ekstrim; kesehatan; air, sanitasi, dan hygiene (WASH); pertanian dan pangan; pesisir dan kelautan; dan panas ekstrim perkotaan.

PMI akan menggerakkan sekitar 400 ribu relawannya yang terlatih di seluruh daerah di Indonesia untuk mengimplementasikan strategi ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Para Relawan PMI akan Turun

Para relawan akan membangun ketahanan iklim dengan menggunakan pendekatan berbasis masyarakat dengan memerhatikan kebutuhan, pengetahuan, dan pengalaman masyarakat rentandalam menghadapi risiko dan dampak perubahan iklim.

Bekerjasama dengan berbagai pihak, pada tahap awal PMI akan menggerakkan para relawan untuk menanam 10 batang pohon per relawan.

Selain itu, PMI akan menggiatkan promosi perubahan perilaku untuk mengembalikan kembali tradisi menanam pohon agar menjadi gaya hidup di masyarakat. Kerjasama dengan berbagai pihak ini juga diharapkan dapat mencapai tujuan agar PMI kelak menjadi green PMI.

 

3 dari 3 halaman

Berkolaborasi

Strategi juga akan dijalankan berkolaborasi dan bermitra dengan pemerintah, lembaga internasional, sektor swasta, serta masyarakat sipil agar dapat saling memanfaatkan beragam keahlian, sumber daya, dan jaringan yang ada untuk mencapai hasil yang lebih baik sekaligus menguatkan koordinasi antar pihak.

Kehadiran perwakilan dari Kementrian dan lembaga terkait, perwakilan negara-negara sahabat, NGO, serta mitra Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah menjadi titik awal kolaborasi PMI dengan berbagai pihak untuk membantu pemerintah dalam hal adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini