Sukses

Persikutim Juara Piala Soeratin Zona Kaltim, Wabup Kutim Beri Bonus untuk Picu Semangat

Persikutim dari Kutai Timur berhasil keluar sebagai juara dalam perhelatan kompetisi Piala Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Soeratin U-15 Zona Kalimantan Timur

Liputan6.com, Penajam Paser Utara Persikutim dari Kutai Timur berhasil keluar sebagai juara dalam perhelatan kompetisi Piala Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Soeratin U-15 Zona Kalimantan Timur Tahun 2023. Di babak final, Persikutim mengalahkan Balikpapan United dengan akhir skor 1-0 dan berhak meraih Piala Soeratin U-15 Zona Kaltim.

Kompetisi Piala Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Soeratin U-15 Zona Kaltim diikuti sebanyak sepuluh tim dan berlangsung selama 10 hari dari tanggal 20 hingga babak final pada 30 November 2023. 

“Selamat kepada atlet-atlet masa depan kita karena telah berhasil meraih prestasi dengan cara yang sportif,” ucap Kepala OIKN, Bambang Susantono yang diwakilkan Sekretaris OIKN, Achmad Jaka Santor Adiwidjaja dalam sambutannya. 

Ia juga menjelaskan, lahirnya klub pemenang di kompetisi ini merupakan wujud keikutsertaan Otorita IKN bersama PSSI untuk memperbaiki prestasi sepak bola nasional, khususnya di Kalimantan Timur. 

“Ini adalah wujud dari bagaimana kita ingin membangun masa depan bersama adik-adik millennial dan millennial di sekitar Nusantara dengan segala prestasi mereka, salah satunya prestasi sepak bola,” imbuhnya.

Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN Alimuddin menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kesinambungan untuk pembinaan anak usia dini di Kaltim. Dan yang terbaik akan mewakili Kaltim di tingkat nasional, selain itu juga club juara pertama boleh mengambil pemain dari club lain untuk memperkuat timnya.

“Rencananya akan dijadikan piala bergilir setiap tahun dengan porsi yang berbeda dan bisa mencakup hingga nasional dengan kelompok umur yang lebih tinggi lagi,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wabup Kutim Sambut Gembira Kesuksesan Persikutim

Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang juga menjabat Ketua Asosiasi Sepak Bola Kabupaten (ASKAB) Kutim Kutai Timur menyambut gembira keberhasilan Persikutim menjuarai Piala Soeratin U-15.

Kasmidi Bulang mengaku bangga atas keberhasilan yang telah diraih oleh para atlet pada kejuaraan yang diikuti sebanyak 10 tim, yang merupakan perwakilan dari Kabupaten/Kota yang di Kaltim tersebut.

“Alhamdulillah anak-anak kita, bisa berbicara dan mampu membuktikan bahwa mereka bisa memberikan yang terbaik untuk seluruh masyarakat Kutai Timur. Dengan raihan prestasi yang sangat luar biasa, terima kasih atas perjuangan kalian semua,” kata Kasmidi, yang juga didampingi Ketua KONI Kutai Timur Rudi Hartono, Sekretaris ASKAB Pandi Widiarto serta orang tua para atlet. Mereka tampak haru dan beberapa dari mereka juga terlihat meneteskan air mata bahagia.

Selain itu, dirinya juga memberikan apresiasi kepada orang tua, guru dan sekolah yang telah memberikan dukungan secara penuh, berupa ruang dan kesempatan kepada anak-anak untuk terus meningkatkan dan mengembangkan diri melalui olahraga sepak bola. 

Sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras dan hasil yang cukup membanggakan, secara pribadi Wakil Bupati Kasmidi Bulang juga memberikan bonus kepada tim Persikutim.

“Saya pikir itu (bonus) menjadi pemicu semangat anak-anak. Karena setiap kerja keras yang kita lakukan pasti akan mendapatkan hasil yang setimpal,” pungaksnya.

 

3 dari 3 halaman

Ikut Piala Soeratin Tingkat Nasional di Yogyakarta

Pelatih utama Persikutim U15, Muhammad Gozali mengaku awalnya timnya hanya ditargetkan lolos dalam babak penyisihan. Namun di luar perkiraan, ternyata anak asuhnya mampu tampil trengginas menyingkirkan lawan-lawanya.

Hingga akhirnya berhak mewakili Kaltim, untuk mengikuti kejuaraan Piala Soeratin tingkat nasional yang akan digelar di Yogyakarta, pada April 2024 mendatang.

“Meskipun sempat down saat kita kalah 3-0 dari Kukar saat babak penyisihan. Namun adanya dorongan semangat dari anak-anak sendiri ditambah official dan pelatih, untuk terus berjuang menjadi energi dan motivasi tambahan yang mampu membawa kita menembus final. Dan  alhamdulillah kita juara,” kata Gozali dengan penuh bangga.

Dalam kesempatan itu, dirinya mewakili seluruh tim Persikutim mengucapkan terima kasih atas dorongan semangat dan perhatian yang selama ini sudah diberikan oleh pemerintah daerah. Menurutnya, perhatian itu menjadi salah satu komitmen pemerintah, dalam upaya memajukan dunia olahraga yang ada di Kutim, khususnya sepak bola.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.