Sukses

Pelajar di Bogor Tewas Disabet Celurit Saat Antar Teman Beli Kuota Internet

Polisi saat ini tengah memburu para pelaku pembacokan celurit yang menewaskan pelajar di Jalan Pasar Lama, Desa Benteng, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor.

Liputan6.com, Bogor - Seorang pelajar tewas usai disabet celurit di Jalan Pasar Lama, Desa Benteng, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/12/2023) kemarin.

Korban inisial MBS (16) diserang pelajar lain saat mengantarkan temannya ke counter untuk membeli kuota internet.

"Pelakunya sedang dalam pengejaran petugas," ujar Kapolsek Ciampea Kompol Suminto.

Suminto mengungkapkan, kejadian berawal saat korban bersama seorang temannya hendak pergi ke counter untuk membeli kuota dengan menggunakan sepeda motor sekitar pukul 12.30 WIB.

"Sebelum kejadian, korban bertemu saksi yang akan pergi ke konter beli kuota, lalu korban menawarkan untuk mengantarkannya. Pas berangkat, korban minta temannya yang bawa motor," ujar Suminto.

Dalam perjalanan, terlihat dari arah berlawanan ada gerombolan pelajar berseragam sekolah dengan menggunakan tujuh sepeda motor.

Kemudian, salah satu pelajar yang diduga dari SMK Pandu ini menghampiri korban dengan membawa celurit dan menyerangnya hingga mengenai leher korban.

"Korban sempat turun dari motor. Karena terluka parah, temannya meminta korban naik lagi ke motor lalu membawanya ke puskesmas," kata dia.

Namun di perjalanan, pelajar tersebut terjatuh dari motor. Temannya lalu meminta bantuan warga untuk membawa korban ke Puskesmas Ciampea.

"Tapi setelah dicek oleh warga, korban diduga sudah meninggal dunia dikarenakan banyak mengeluarkan darah," ujarnya.

Pihak Polsek Ciampea yang mendapat laporan tersebut langsung mendatangi lokasi dan melakukan penyelidikan. "Guna penyelidikan lebih lanjut, jenazah korban dibawa ke RS Polri Kramatjati untuk dilakukan otopsi," kata dia.

Sementara itu, Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro telah memerintahkan Unit Reskrim Polsek Ciampea untuk segera menangkap para pelaku penyerangan yang menewaskan seorang pelajar itu. "Kami telah meminta Kapolsek Ciampea agar kejadian ini segera diungkap dan dicari para pelaku tersebut," kata Rio.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Polisi Tangkap Gangster di Bogor

 

Sebelumnya dalam kasus lain, polisi menangkap dua pelaku pembacokan yang menewaskan Muhammad Herdiansyah Sutisna alias Abem (22) di Jalan Raya Cipaku, Kota Bogor, Jawa Barat pada 12 November 2023.

Pelaku Riski Ramadan alias Iki (19) dan Rosadi alias Abang (22) ditangkap bersama barang bukti tiga celurit ukuran besar atau klewang, satu buah stik golf, dan satu bilah pedang sepanjang kurang lebih 1,5 meter.

Diketahui, korban dan kedua tersangka merupakan anggota gangster dari kelompok berbeda, yang sengaja sudah janjian melakukan tawuran.

"Berdasarkan pengakuan pelaku, motifnya biar dibilang paling hebat dan punya kebanggaan jika sudah mengalahkan lawannya," ujar Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso, Rabu (15/11/2023).

Menurut Bismo, kedua kelompok ini janjian tawuran dekat perlintasan kereta api, Kampung Neglasari, Kelurahan Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor pada Minggu dini hari.

"Kedua kelompok ini kemudian saling serang, namun karena kelompok korban kalah jumlah akhirnya mundur," ujar dia.

 

3 dari 4 halaman

Tawuran Libatkan 2 Kelompok

Nahas, saat dikejar oleh dua pelaku dengan menggunakan sepeda motor, korban terjatuh. Pelaku Abang lalu membacok kepala korban hingga akhirnya tewas setelah sempat dibawa ke rumah sakit.

"Pelaku utamanya atau yang membacok korban yakni RS alias Abang, sedangkan Iki yang mengemudikan motor dan berperan sebagai penyedia senjata tajam," terangnya.

Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota Kompol Rizka Fadhila mengatakan kedua pelaku ditangkap di lokasi berbeda pada Senin pagi 13 November 2023. Namun tempat tinggal tersangka utama diketahui masih satu kampung dengan korban.

"Ada sejumlah barang bukti senjata tajam yang kami amankan baik yang ditemukan di lokasi kejadian maupun di rumah tersangka," kata dia.

Rizka mengungkapkan kedua kubu yang terlibat tawuran ini berasal dari beberapa kelompok gangster jalanan. Pihak korban berada di kelompok Cipaku All Star.

 

4 dari 4 halaman

Polisi Akui Sulit Bubarkan Kejahatan Jalanan

Sementara dari pihak lawan merupakan gabungan dari beberapa gangster yakni Gang Jengkol, Ciremai Street, Gang Rambutan Street, Babakan Undak, dan kelompok Tom's.

"Kami masih melakukan pengembangan, kalau ada yang terlibat di dalamnya dan ditemukan barang bukti akan kami proses secara hukum, termasuk dari kelompok korban," kata dia.

Rizka mengakui kelompok-kelompok yang sering melakukan tawuran maupun kejahatan jalanan di Kota Bogor sulit untuk dibubarkan, karena mereka tidak memiliki struktur organisasi.

"Mereka tidak punya ketua, tapi ada salah satu orang yang disegani. Dan biasanya mereka nongkrong berpindah-pindah di pinggir jalan kecil, lalu janjian tawuran di suatu tempat atau keliling mencari lawannya," ujarnya.

Namun begitu, pihak kepolisian melalui tim siber terus memantau pergerakan gangster melalui dunia maya. Ini guna mengetahui aktivitas dan rencana mereka, sehingga aksi tawuran dapat dicegah.

"Kami pantau terus dari akun medsos mereka, jika ada indikasi janjian tawuran kami langsung bergerak mengantisipasi jatuhnya korban," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.