Sukses

207 Rumah di Bogor Terendam Banjir, 1 Mobil Terseret Arus

Curah hujan tinggi memicu banjir dan longsor di sejumlah wilayah Kota Bogor, Jawa Barat pada Minggu (26/11/2023).

Liputan6.com, Jakarta Curah hujan tinggi memicu banjir dan longsor di sejumlah wilayah Kota Bogor, Jawa Barat pada Minggu (26/11/2023). Bencana hidrometeorologi ini mengakibatkan ratusan rumah terdampak banjir dan longsor.

Derasnya arus banjir yang terjadi Minggu sore hingga menyeret satu unit mobil Honda Brio yang sedang melintas dan satu unit sepeda motor yang parkir di pinggir jalan.

Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kota Bogor mencatat 207 rumah dan satu musala serta sekolah Madrasah Ibtidaiyah terendam banjir dengan tinggi muka air mencapai 50 cm hingga 100 cm.

Daerah yang terdampak banjir meliputi wilayah Kaum Sari, Kampung Ciparigi, Bojong Enyod, Kawung Luwuk, Sindangsari, Kampung Ciheuleut, Bantarjati Kaum, dan Gang Kembang di Kecamatan Bogor Utara.

Kemudian banjir juga menggenangi Perumahan Siti Hasanah, Pasir Kuda, Kecamatan Bogor Barat. Terakhir, banjir di Jalan Malabar Ujung, Kecamatan Bogor Tengah hingga mengakibatkan warung di sepanjang jalan itu terdampak dan satu unit motor terseret arus.

"Banjir disebabkan meluapnya Kali Ciparigi, Cibuluh dan Ciheuleut. Total rumah yang terdampak banjir ada 207 unit atau 123 KK. Tinggi muka banjir mulai dari 50-150 cm," ujar Kepala BPBD Kota Bogor Teofilo Freitas soal banjir Bogor, Senin (27/11/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Seret 1 Mobil

Menurut Teofilo, banjir akibat meluapnya Kali Ciparigi sempat menyeret satu unit mobil Brio milik Widi (26). Beruntung, korban selamat setelah mobil yang dikemudikannya tersangkut di tepi kali.

"Korban hendak menuju lampu merah Talang, tapi salah mengambil jalan. Dia lewat bawah (jalur lama). Aliran kali di jalur itu sedang meluap, akibatnya korban bersama kendaraannya terseret, lalu terjebak di tengah banjir," kata dia.

Selain pemukiman warga, banjir juga menggenangi lantai dasar Blok F Pasar Kebon Kembang. Banjir berangsur surut setelah petugas Pemadam Kebakaran menyedot menggunakan mesin pompa air.

 

3 dari 3 halaman

Sudah Surut

Kondisi hingga Minggu pukul 20.00 WIB, banjir sudah surut. Hingga saat ini warga terdampak sedang melakukan kerja bakti membersihkan material lumpur yang masuk kedalam rumah mereka.

"Tidak ada warga terdampak yang mengungsi, karena banjir sudah surut malam itu juga," ujarnya.

Selain banjir, bencana longsor juga melanda sejumlah wilayah Kota Bogor. Tercatat ada empat kejadian tanah longsor, yang meliputi wilayah dua kejadian di Mulyaharja Kecamatan Bogor Selatan, satu kejadian di Sukasari Kecamatan Bogor Timur, dan satu kejadian di Cibogor Kecamatan Bogor Tengah.

"Jumlah rumah yang rusak akibat longsor sebanyak 7 unit. Rusak ringan 4 unit dan rusak sedang 3 unit," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.