Sukses

Ada Peran Pinkan Hapsari Dibalik Suksesnya Merah Putih Fashion Week

Politikus PDI Perjuangan (PDIP), Sondang Tampubolon mengatakan, ada peran Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari atau yang akrab disapa dengan nama Pinka Hapsari dibalik suksesnya Merah Putih Fashion Week yang digagas DPP Taruna Merah Putih di Gedung Sarinah, Jakarta, Sabtu 25 November 2023.

Liputan6.com, Jakarta Politikus PDI Perjuangan (PDIP), Sondang Tampubolon mengatakan, ada peran Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari atau yang akrab disapa dengan nama Pinka Hapsari dibalik suksesnya Merah Putih Fashion Week yang digagas DPP Taruna Merah Putih di Gedung Sarinah, Jakarta, Sabtu 25 November 2023.

"Sebetulnya acara ini juga bukan diprakarsai oleh saya. Ini adalah acara yang memang diidekan oleh Bendahara Umum Taruna Merah Putih Mbak Diah Pikatan dan kita panitia hanya melaksanakan sesuai dengan supervisi yang beliau sampaikan," kata dia dalam keterangannya, Minggu (26/11/2023).

Dana Maulana desainer senior yang terlibat mengungkapkan langsung disela-sela acara, bahwa Pinka ingin masyarakat memahami bahwa dunia fashion bisa dinikmati semua orang.

Selain Dana, Samuel Watimena dalam sambutannya pun mengatakan hal serupa. Menurut desainer kawakan ini, street fahion adalah tema yang diusung pada pagelaran kali ini. "Jadi fashion ini adalah milik semua kalangan bukan hanya kalangan atas saja," kata Samuel.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, meningkatkan kecintaan terhadap busana Indonesia adalah bagian dari kerja untuk menjadi bangsa yang berkepribadian dalam kebudayaan seperti yang disampaikan Bung Karno.

Hal ini disampaikan, sebelum dimulainya acara Merah Putih Fashion Week yang digelar Taruna Merah Putih (TMP) yang merupakan organisasi sayap partai dari PDIP di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (25/11/2023).

"Apalagi acara Merah Putih Fashion Week diadakan di Sarinah yang merupakan gagasan Bung Karno supaya Indonesia ada tempat untuk mempromosikan hasil-hasil karya dalam negeri seperti fashion Nusantara," ujar Puan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diapresiasi

Dia menyemangati dan memberi kesempatan berfoto dengan para peraga yang harus bersabar untuk tampil karena hujan menyebabkan acara mundur.

Ketua Umum TMP Hendrar Prihadi bersama jajarannya seperti Bendahara Umum Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari atau akrab disapa Mbak Pinka yang merupakan puteri Puan Maharani hadir di lokasi.

Penata busana Samuel Wattimer dan Masa Dana Maulana juga terlihat bersama para peraga. Para peraga tetap semangat tampil membawakan busana karya Samuel Wattimena dan Masa Dana Maulana meski acara mundur karena hujan. Penonton cukup sabar menunggu karena hujan yang sempat turun deras di wilayah Jakarta termasuk Mal Sarinah.

Puan mengapresiasi TMP yang menginisiasi acara Merah Putih Fashion Week.

"Pesan saya supaya TMP mengajak semua desainer muda dan banyak stakeholders industri fashion Indonesia agar bergotong royong untuk menguatkan industri fashion Indonesia. Jadi bukan hanya sekali fashion show ini lalu selesai," kata Puan.

 

3 dari 3 halaman

Menciptakan Lapangan Kerja

Ditambahkannya, industri busana Indonesia harus didorong terus sehingga tidak hanya mempromosikan kekayaan budaya Indonesia tetapi juga menciptakan lapangan kerja, mendorong pertumbuhan ekonomi dan tentu saja bisa makin unggul di tingkat dunia.

"Kekayaan budaya Nusantara yang begitu melimpah menjadikan Indonesia sebagai surganya inspirasi fashion," sebut Puan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini