Sukses

Ridwan Kamil Ungkap Ditugaskan Partai Golkar Maju Pilkada DKI Jakarta dan Jabar

Ridwan Kamil mengaku masih memprioritaskan untuk tetap berada di Jabar. Namun, berdasarkan surat tugas yang diberikan Partai Golkar, tidak menutup kemungkinan dia akan maju sebagai kepala daerah di DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan, dirinya mendapat dua surat penugasan dari DPP Partai Golkar untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah 2024 yakni di DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Hal ini diungkapkan Ridwan Kamil saat menghadiri Rakerda Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Jabar di Bandung, Kamis 24 November 2023.

"Saya itu mendapatkan dua surat penugasan, satu di Jabar, dua di DKI (Jakarta). Jadi, suratnya dua," kata Ridwan dilansir dari Antara, Jumat (24/11/2023).

Ridwan Kamil mengaku, masih memprioritaskan untuk tetap berada di Jabar. Namun, berdasarkan surat tugas yang diberikan DPP Partai Golkar, tidak menutup kemungkinan dia akan maju sebagai kepala daerah di DKI Jakarta.

"Karena dikasih dua, prioritas tetap di Jabar, tapi diminta tetap mencoba berkiprah sesuai penugasan di DKI Jakarta," kata Kang Emil, sapaan akrabnya.

Disinggung soal istrinya, Atalia Praratya, yang diusung sebagai bakal calon Wakil Wali Kota Bandung, Kang Emil mengatakan bahwa hal itu akan diputuskan setelah melihat hasil Pemilu 2024.

"Karena surveinya bagus, nanti diputuskan Februari (2024). Bu Atalia tetap fokus di DPR dulu, setelah Februari nanti diputuskan," ucapnya.

Kang Emil mengaku, sangat mendukung langkah politik yang akan diambil oleh Atalia, meskipun ia ingin istrinya itu memulai langkah politiknya di DPR RI.

"Ya, mendukung atuh yang pasti-pasti saja, DPR dulu saja," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan bahwa Ridwan Kamil bukan hanya sebagai tokoh Jawa Barat, tapi juga tokoh nasional.

"Feeling saya sering tepat, jadi saya punya feeling Ridwan Kamil ini akan muncul dalam sejarah nasional Indonesia," katanya.

Apalagi sebelum memilih Gibran sebagai calon wakil presiden yang mendampinginya, Prabowo mengaku, hampir memilih Ridwan Kamil sebagai pasangannya pada Pemilu 2024.

"Kemarin hampir jadi (calon) wakil presiden saya, tapi emas dibuang di mana saja tetap emas," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ridwan Kamil Jadi Ketua Tim Kampanye Daerah Prabowo-Gibran di Jawa Barat

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Nusron Wahid menunjuk Ridwan Kamil sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) di Provinsi Jawa Barat. Nusron meyakini, ditunjuknya Ridwan Kamil bisa menggarap dan mempertahankan kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

"Jawa Barat (Jabar) yang menjadi lumbung suara Pak Prabowo 2 kali Pilpres ketika sama Pak Hatta Rajasa dan Bang Sandiaga, Pak Prabowo selalu memenangkan Pilpres lawan Jokowi, dan kali ini dengan kekuatan rekonsiliasi dengan Jokowi maka Jabar menjadi kunci," kata Nusron di Kantor Sekretaris TKN, Jakarta Barat.

"Jadi kami memutuskan ketua TKD di Jabar adalah Ridwan Kamil," imbuh Nusron.

Nusron beralasan, dipilihnya Ridwan Kamil sebab yang bersangkutan memiliki rekam jejak yang kuat di Jawa Barat. Pertama menjadi walikota Bandung selama dua periode dan menungaskan kepemimpinan lima tahun sebagai gubernur Jawa Barat.

"Pengaruh Ridwan Kamil ini luar biasa, kinclong! Maka dengan ditetapkannya Ridwan Kamil maka Provinsi Jawa Barat akan menjadi lumbung kemenangan Prabowo-Gibran," ungkap dia optimis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.