Sukses

Jokowi Minta Masjid Dijaga dari Ancaman Intoleransi dan Politisasi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) berkolaborasi aktif untuk menjaga masjid dari ancaman intoleransi hingga politisasi yang memecah belah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) berkolaborasi aktif untuk menjaga masjid dari ancaman intoleransi hingga politisasi yang memecah belah. Jokowi ingin rumah ibadah menjadi tempat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Saya juga berharap pengurus BKM baik yang di pusat maupun yang di daerah ini dapat aktif bersinergi aktif berkolaborasi untuk menjaga masjid dari ancaman intoleransi dan ekstrimisme, serta dari politisasi yang memecah belah, yang tidak mempersatukan kita, tidak menjadikan kita rukun, sehingga persatuan dan kesatuan bangsa dapat terus dijaga," kata Jokowi saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Kesejahteraan Masjid di Istana Negara Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Menurut dia, rumah-rumah ibadah seharusnya menjadi tempat yang khidmat bagi masyarakat untuk beribadah. Selain itu, kata Jokowi, rumah ibadah harus menjadi tempat mempersatukam keberagaman Indonesia.

"Kita ingin rumah-rumah ibadah dapat menjadi tempat yang khidmat untuk beribadah, tempat yang mempersatukan kebreagaman kita, tempat yang edukatif, yang mendidik untuk pembelajaran karakter juga," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Setuju BKM Kembali Diaktifkan

Jokowi setuju Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumad untuk mengaktifkan kembali BKM yang sudah didirikan sejak 1964. Dia siap mengeluarkan regulasi untuk mengaktifkan kembali BKM.

"Dua minggu yang lalu, Pak Menteri (Agama) bisik-bisik ke saya, 'Pak, ini ada BKM. Harus kita aktifkan kembali seperti yang lalu-lalu tahun-tahun 1960-an'. Saya sampaikan, 'siap Pak Menteri," tutur Jokowi.

"Maksudnya siap itu kalau ada regulasi yang diperlukan kami siapkan. Entah itu perpres, entah itu keppres nanti kita siapkan. Yang lain-lainnya urusannya Pak Menteri," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Jumlah Anggota BKM

Jokowi menuturkan BKM memiliki jumlah anggota yang sangat banyak mencapai 17.600 masjid. Dia meyakini keberadaan dan peran BKM ini akan sangat bermanfaat untuk umat Islam, bangsa, dan negara.

"Kita harapkan melalui peran BKM, kita harapkan rumah-rumah ibadah ini dapat dikelola secara profesional, moderat, dan berdaya maslahat bagi umat sehingga masjid dapat menjadi pusat pembinaan umat, menjadi pusat kemajuan bangsa dan masjid yang ramah bagi semuanya," pungkas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.