Sukses

Lewat Birukan Langit Indonesia di Ponorogo, Ketum PAN Zulhas Galang Donasi untuk Palestina

Dalam kesempatan yang sama, Zulhas juga mengajak masyarakat Ponorogo agar memberi doa kepada saudara-saudara yang di Palestina.

Liputan6.com, Jakarta Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar Birukan Langit Indonesia Stage (BLIS) di Stadion Batoro Katong, Ponorogo, Jawa Timur, pada Minggu malam, 5 November 2023.

Dihadiri langsung oleh Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, dalam sambutannya pria yang akrab disapa Zulhas ini mengatakan, acara BLIS ini merupakan inisiasi dari anak-anak muda.

Generasi muda yang tergabung dalam PAN, menurut Zulhas memiliki segudang ide kreatif dan inovasi positif lewat BLIS. Salah satu contoh dengan menjaga lingkungan. 

"Menjaga lingkungan kita yang satu, kita jaga bareng-bareng, kita rawat bareng-bareng, Setuju nggak?" kata Zulhas, Minggu. 

Selain sebagai upaya untuk menjaga bumi, BLIS juga merupakan bentuk mencintai produk dan budaya lokal. Salah satu bentuk implementasinya dengan menggandeng pedangdut Koplo Denny Caknan. 

"Kita mesti bangga, bangga buatan lokal. Bangga produk buatan Indonesia," ungkap Zulhas.

Dalam kesempatan yang sama, Zulhas juga mengajak masyarakat Ponorogo agar memberi doa kepada saudara-saudara yang di Palestina. Sebagaimana diketahui, konflik Palestina bukan hanya sekadar perang, melainkan genosida yang tiada hentinya hingga kini. 

"Hari-hari ini mereka (warga Palesitna) menghadapi gempuran yang biadab oleh Israel, anak-anak dibunuh, perempuan-perempuan ibu-ibu dibom, gereja dibom, rumah sakit dibom, ambulans dibom, perumahan-perumahan dibom saudara-saudara," ucap Zulhas. 

"Oleh karena itu saya mengajak, mari paling kurang kita doakan. Paling kurang kita doakan saudara-saudara kita yang ingin merdeka seperti kita dulu," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Zulhas Singgung Pernyataan Bung Karno tentang Palestina

Selain itu, Zulhas juga menyinggung terkait pernyataan Soekarno tentang Palestina, pada tahun 1962. Bung Karno pernah bersumpah dirinya tidak akan menyerah sebelum Palestina merdeka. 

"Bung Karno bersumpah untuk membela Palestina sampai Palestina merdeka," kata Zulhas. 

Terakhir, melalui acara ini partai berlambang matahari ini juga menyalurkan hasil penjualan tiket untuk disumbangkan untuk Palestina. Menteri Perdagangan itu juga mengucapkan terima kasih kepada warga Ponorogo yang antusias dalam mengikuti acara BLIS ini.

"Nah, saya minta ikhlasnya teman-teman, saudara-saudara di Ponorogo nanti yang tadi beli tiket itu, uangnya kami kumpulkan, dan akan kita sumbangkan ke saudara-saudara yang ada di Palestina," ujar Zulhas. 

"Terima kasih semuanya, terima kasih Ponorogo, terima kasih hari ini membuat acara begitu semarak dan meriah. Selamat menyaksikan Denny Caknan," pungkasnya sambil menyambut Denny Caknan.

3 dari 3 halaman

Ajak Masyarakat Doakan Palestina, Zulhas Sebut Sikap Israel Barbar Seperti Nazi

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hassan (Zulhas) terus menyuarakan keadilan untuk Palestina agar mendapat kemerdekaan dari aksi teror Israel yang tidak berkesudahan. Untuk itu, Zulhas dan seluruh kader PAN menggelar aksi perdamaian untuk menyalurkan bantuan dengan menggalang dana untuk Palestina, khususnya di jalur Gaza.

Selain itu, Zulhas juga mengutuk keras tindakan Israel yang menurutnya seperti Nazi. Bahkan, ia memandang ini bukanlah seperti peperangan. Mengingat, banyaknya pengeboman mulai dari tempat-tempat sekolah, anak-anak, sampai perempuan, tanpa ada rasa nilai kemanusiaan dan belas kasih.

“Jadi bukan perang lagi. Itu sudah seperti, menurut saya yang digembar-gemborkan Israel sangat barbar sebagaimana nazi menghancurkan mereka,” kata Zulhas di Ponpes Amanatul Ummah, Mojokerto, Jatim, Minggu (5/11/2023).

“Loh ini perlakuannya mirip mirip, anak-anak dibunuh, wanita dibunuh, sekolah dibom, gereja di bom, masjid di bom, apalagi?” Sambungnya.

Menteri Perdagangan itu mengajak semua umat Muslim untuk membantu rakyat Palestina. Ia menjelaskan, bantauan yang dimaksud salah satunya dengan berdoa.

“Paling kurang temen-temen bantu Palestina, berdoa untuk saudara-saudara kita di Palestina. Dan di sana itu tidak hanya (masjid) orang Islam, gereja juga dibom, jadi memang sudah tidak pilih-pilih lagi,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini