Sukses

Aksi Bela Palestina di Monas, KPAI: Orang Tua Wajib Perhatikan Pergerakan Anaknya

Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra mewanti jika ada orangtua yang membawa anak pada kerumunan massa seringkali terjadi peristiwa anak terpisah dari penglihatan.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi bela Palestina di Monas Jakarta hari ini, Minggu (5/11/2023) diperkirakan akan menghimpun 2 juta massa. Melihat hal itu, Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra mewanti jika ada orangtua yang membawa anak pada kerumunan massa seringkali terjadi peristiwa anak terpisah dari penglihatan.

Selain itu, anak di tengah sesak kerumunan juga rawan mengalami dehidrasi atau kesulitan mengakses yang sangat dibutuhkan anak.

“Untuk itu penting dalam setiap kerumunan massa, tersedia daycare. Agar anak anak dan orang tua yang membutuhkan tempat sementara berteduh atau memenuhi kebutuhan anaknya dapat dilakukan serta bila membutuhkan informasi dan akses tanggap darurat dapat dipenuhi,” kata Jasra seperti dikutip dari siaran pers, Minggu (5/11/2023).

Jasra menambahkan, sesuai dengan anjuran KPAI , bila ada yang membawa bayi dan anak di tengah kerumunan diharuskan ada perhatian ekstra. Termasuk membatasi pergerakan mereka bila berada di cuaca panas.

“Untuk itu koordinator aksi, atau simpul koordinator tiap daerah, penting memperhatikan, apakah peserta aksi mereka membawa bayi, balita, baduta, dan anak,” saran Jasra.

Selain itu, lanjut Jasra, penting anak-anak mendapatkan informasi yang layak anak selama aksi massa. Sebab aksi massa juga harus mendukung tumbuh kembang mereka secara baik.

“Karena paparan panas, paparan orasi, paparan sesak massa bila terjadi, anak-anak harus terus didampingi, agar tidak salah memahami dan berada dalam situasi aman,” tegas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Imbauan bagi Orang Tua

Terakhir, saran Jasra, bila hendak membawa anak ke dalam acara yang penuh kerumun seperti aksi massa, maka pendamping atau orang tua penting mencatat nomor nomor hotline, seperti Kepolisian, Ambulance, nomor telepon koordinator massa yang membawa mereka.

“Hal ini agar ketika ada situasi darurat, segera mendapatkan pertolongan,” minta Jasra.

“Kita berharap aparat dapat menjaga dengan baik, antisipatif dan menyiapkan rekayasa keamanan. Agar anak-anak yang diajak orang tuanya terlindungi,” imbuh dia menandasi.

3 dari 3 halaman

Aksi Bela Palestina di Monas

Massa aksi bela Palestina memadati kawasan Monumen Nasional atau Monas, Jakarta Pusat, pagi ini. Seruan dukungan tersebut menyusul tindakan kekejaman Israel yang menewaskan ribuan jiwa rakyat Palestina.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (5/11/2023), sejak pukul 06.00 WIB kawasan Monas telah ramai masyarakat yang datang dari berbagai arah. Mereka memberikan suport dan dukungan kepada bangsa Palestina atas penjajahan Israel.

Terlihat massa aksi mengenakan pakaian serba putih dan hitam, dilengkapi berbagai atribut dengan warna selaras bendera Palestina. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak bahkan balita pun diajak orang tuanya untuk meramaikan aksi tersebut.

Para pedagang pun tidak mau ketinggalan momen. Mereka menjual atribut dan bendera Palestina untuk massa aksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.