Sukses

7 Ucapan dan Harapan dari Bakal Capres-Cawapres hingga Presiden Jokowi Peringati Hari Sumpah Pemuda

Tak mau ketinggalan, sejumlah tokohnya pun mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda. Termasuk pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ini, Sabtu (28/10/2023) diperingati sebagai Sumpah Pemuda. Ya, pada setiap tahunnya di tanggal 28 Oktober, diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Tak mau ketinggalan, sejumlah tokohnya pun mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda. Termasuk pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Salah satunya bakal capres Ganjar Pranowo. Melalui akun sosial media Instagram pribadinya @ganjar_pranowo, Ganjar berharap para pemuda tetap menjaga semangat perjuangan.

"Persatuan memang menjadi mantra paling ampuh di negeri ini. Bukan hanya geografis, dia juga menjadi pengikat jiwa dan cita-cita. Dan pemuda jadi aktor utamanya.

Selamat Hari Sumpah Pemuda. Tetaplah jaga spirit perjuanganmu pemuda Indonesia. Jangan pernah putus asa mewujudkan cita-cita meski kau anak orang biasa," tulis Ganjar disertai unggahan sebuah foto akun sosial media Instagram pribadinya @ganjar_pranowo, Sabtu (28/10/2023).

Kemudian, para menteri juga turut menyampaikan sejumlah ucapan Hari Sumpah Pemuda. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengunggah foto seperti kartun yang memuat pemuda dan tulisan Selamat Hari Sumpah Pemuda, 'bersama majukan Indonesia'.

Sri Mulyani juga menulis perjuangan para pemuda pada masa kolonialisme Indonesia merupakan tonggak awal upaya pergerakan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Sebuah inisiatif dan semangat besar yang akhirnya mengubah sejarah Indonesia sebagai bangsa yang merdeka dan memiliki cita-citanya sendiri.

"Semangat inilah yang harus terus kita pelihara dan lestarikan dari generasi ke generasi. Semangat yang menginspirasi bahwa dengan tekad yang kuat, kita pasti bisa meraih apa yang kita impikan," tulis Sri Mulyani.

Berikut sederet ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda yang jatuh tepat pada hari ini, Sabtu (28/10/2023) dari mulai bakal capres-cawapres, menteri, hingga Presiden Joko Widodo atau Jokowi dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Bakal Capres Ganjar Pranowo

Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda yang jatuh tepat pada hari ini, Sabtu (28/10/2023).

Melalui akun sosial media Instagram pribadinya @ganjar_pranowo, Ganjar berharap para pemuda tetap menjaga semangat perjuangan.

"Persatuan memang menjadi mantra paling ampuh di negeri ini. Bukan hanya geografis, dia juga menjadi pengikat jiwa dan cita-cita. Dan pemuda jadi aktor utamanya.

Selamat Hari Sumpah Pemuda. Tetaplah jaga spirit perjuanganmu pemuda Indonesia. Jangan pernah putus asa mewujudkan cita-cita meski kau anak orang biasa," tulis Ganjar disertai unggahan sebuah foto akun sosial media Instagram pribadinya @ganjar_pranowo, Sabtu (28/10/2023).

 

3 dari 8 halaman

2. Bakal Capres-Cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar

Kemudian, bakal capres Anies Baswedan juga tak mau ketinggalan mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda. Meski tak mengunggah foto, ucapan itu ia sampaikan di Instagram Storynya.

Dalam sebuah foto yang diunggah di Instagram story miliknya @aniesbaswedan, Anies mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda.

"Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023 dari Anies Baswedan," tulis sebuah foto.

Lalu pasangannya, bakal cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyebut, pemuda adalah penentu kunci di masa depan.

"Pemuda adalah kunci sekaligus menjadi penentu hari ini dan masa depan. Maka pemuda harus menggunakan seluruh potensinya untuk mengisi kesempatan, menata, memperbaiki dan menyukseskan pembangunan kehidupan masyarakat dan bangsa.

Bersatulah wahai pemuda indonesia! Kita satu Pancasila! Hanya dengan persatuan dan kesatuan kita bisa memakmurkan Indonesia.

Selamat memperingati hari sumpah pemuda 28 Oktober 2023," tutup Muhaimin dalam sebuah unggahan foto di akun Instagram miliknya @cakiminow.

 

4 dari 8 halaman

3. Menteri Keuangan Sri Mulyani

Pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda melalui akun media sosial pada Sabtu, (28/10/2023). Salah satunya Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengunggah foto seperti kartun yang memuat pemuda dan tulisan Selamat Hari Sumpah Pemuda, “bersama majukan Indonesia”.

Sri Mulyani juga menulis perjuangan para pemuda pada masa kolonialisme Indonesia merupakan tonggak awal upaya pergerakan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Sebuah inisiatif dan semangat besar yang akhirnya mengubah sejarah Indonesia sebagai bangsa yang merdeka dan memiliki cita-citanya sendiri.

"Semangat inilah yang harus terus kita pelihara dan lestarikan dari generasi ke generasi. Semangat yang menginspirasi bahwa dengan tekad yang kuat, kita pasti bisa meraih apa yang kita impikan," tulis Sri Mulyani.

"Juga semangat dalam menjaga keutuhan NKRI dan memperat tali persatuan dalam kebhinekaan Indonesia, di tengah kondisi dunia yang terfragmentasi. Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95. Panjang umur perjuangan cita-cita bangsa Indonesia. Ayo bersama majukan Indonesia," tutup Sri Mulyani.

 

5 dari 8 halaman

4. Menteri BUMN Erick Thohir

Selain Sri Mulyani, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda melalui akun instagramnya @erickthohir.

"Selamat Hari Sumpah Pemuda! Bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia. Berbahasa yang satu, Bahasa Indonesia," tulis Erick.

Erick menyebutkan, Indonesia dapat menjadi bangsa yang besar karena peran para pemuda.

"Semangat para pemuda harus terus berkobar untuk menjadikan Indonesia negara maju," tandas dia.

 

6 dari 8 halaman

5. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah

Demikian juga Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda.

"Selamat Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2023.95 tahun Sumpah Pemuda bersama majukan Indonesia," tulis dia di akun Instagram miliknya @idafauziyahnu.

Ia menuturkan, perbedaan bukan halangan kita untuk bersatu, Satu Tanah Air, Satu Bahasa dan Satu Bangsa.

"Majulah Pemuda Indonesia, Majukan Bangsa dan Negara Indonesia," jelas dia.

 

7 dari 8 halaman

6. Menparekraf Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno juga tak ketinggalan mengucapkan Selamat Hari Sumpa Pemuda lewat akun instagramnya @sandiuno.

"Selamat Hari Sumpah Pemuda!Bersama Majukan Indonesia. Hari ini tepat 95 tahun yang lalu, para pemuda Indonesia menyatakan ikrar “bertumpah darah satu, berbangsa satu dan berbahasa satu," tulis Sandiaga.

Sandiaga menuturkan, untuk saat ini saatnya bagi pemuda untuk kobarkan semangat menyala dan berkontribusi nyata wujudkan pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif untuk Indonesia Sejahtera.

"Karena anak muda adalah generasi harapan untuk kemajuan bangsa. Di tangan para generasi muda, ayo kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan terus berkarya untuk gapai cita-cita demi menyongsong masa depan Indonesia Emas 2045," tulis Sandiaga.

 

8 dari 8 halaman

7. Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Jokowi mengatakan, Indonesia memiliki peluang besar untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

Hal ini ditandai dengan puncak bonus demografi yang akan terjadi pada 2030. Jokowi menyebut, penduduk usia produktif Indonesia akan berlimpah pada saat itu.

"Indonesia memiliki peluang besar dalam mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045 berupa bonus demografi yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2030-an. Saat itu, penduduk usia produktif kita melimpah," ujar Presiden Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Sabtu (28/10/2023).

Dia pun mengajak masyarakat untuk memanfaatkan peluang tersebut dengan dua strategi besar yakni, mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) dan melakukam hilirisasi industri. Jokowi menuturkan SDM disiapkan untuk memasuki pangsa kerja dengan produktif.

"Kita memanfaaatkan peluang tersebut di antaranya dengan dua strategi besar yaitu mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia dan melakukan hilirisasi industri," ucap dia.

"Sumber daya manusia kita persiapkan untuk memasuki pangsa kerja dengan produktif. Sumber daya alam yang kita miliki harus bernilai tambah dan menyejahterakan rakyatnya. Mari Bersama Majukan Indonesia," tutup Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.