Sukses

KPU DKI Tetapkan Sunggul Sirait Gantikan Posisi Cinta Mega di DPRD

Selain Cinta Mega, KPU DKI juga mengganti anggota Fraksi PKS Yusriah Dzinnun lantaran mengundurkan diri.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta resmi menetapkan Politisi PDI Perjuangan (PDIP) Sunggul Sirait sebagai pengganti Cinta Mega di DPRD DKI Jakarta. Sunggul Sirait meraup 11.110 suara pada Pemilu 2019.

Anggota KPU DKI Jakarta Bidang Teknis Penyelenggara Pemilu Dody Wijaya mengatakan, Cinta diberhentikan melalui mekanisme pergantian antarwaktu (PAW) usai viral main game slot saat rapat paripurna.

"Kami sudah melakukan pleno PAW Cinta Mega yang nomor urut 4 di 2019 karena PDIP memperoleh 3 kursi (di dapil 9) jadi nomor urut 4 atas nama Ir Sunggul Sirait," kata Dody saat dikonfirmasi Kamis (26/10/2023).

Adapun rapat pleno PAW DPRD DKI ini digelar KPU DKI Jakarta pada Selasa, 24 Oktober 2023. Dody menyebut, selain Cinta Mega, anggota Fraksi PKS Yusriah Dzinnun juga di PAW.

Dody menyampaikan, Yusriah di PAW karena mengundurkan diri setelah pindah partai dari PKS ke Partai NasDemuntuk pemilihan umum (Pemilu) 2024. Posisinya di DPRD DKI bakal digantikan Ahmad Mardono.

"Yang bersangkutan mengundurkan diri karena mencalonkan dari parpol berbeda di 2024," kata Dody.

Diketahui, Eks Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Cinta Mega kedapatan main game slot saat rapat paripurna penyampaian pidato Penjabat (Pj) Gubernur terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022 di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat pada Kamis 20 Juli 2023.

Potongan video yang merekam Cinta Mega diduga main game slot itu bahkan tersebar luas dan viral di berbagai media sosial (medsos).

Kala itu, rapat paripurna tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani. Cinta Mega pun terlihat duduk di barisan belakang dengan setelan jas berwana merah muda.

Game slot tersebut terpampang di tablet yang ia letakan di atas mejanya. Padahal, rapat paripurna sedang berlangsung dan tabletnya menyala terus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cinta Mega Mengaku Banyak Dilamar Parpol

Jakarta Cinta Mega mengaku dilamar oleh Partai Amanat Nasional (PAN) untuk bergabung menjadi kader dan maju sebagai caleg 2024.

Diketahui, Cinta Mega dipecat dari PDIP usai kedapatan bermain game slot saat rapat paripurna. Pergantian AntarWaktu (PAW) sebagai anggota DPRD pun masih berproses hingga saat ini.

"Saat saya terpuruk, Alhamdulillah semua partai melamar saya karena mereka tahu karena ini politik ya, mereka semua partai banyak yang meminta saya," kata Cinta kepada wartawan di Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/10).

Cinta menambahkan, banyak warga Jakarta yang memintanya untuk maju kembali menjadi caleg. Maka dari itu, ia akhirnya memutuskan untuk maju bersama PAN.

"Saya rajin turun ke warga. Saya juga lihat dari survei partai-partai saya masih di atas. Mereka nggak peduli, lihat kendaraannya (partai) apa, yang penting maju lagi. Jadi nggak ada lihat khusus, yang penting turun ke warga," ujar Cinta.

3 dari 3 halaman

Tahun Politik

Tapi namanya juga partai lagi menghadapi tahun politik, jadi seperti ini lah keadaannya. Saya bilang ke teman-teman warga, jangan takut sama saya, takut sama Allah," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini