Sukses

Anies-Cak Imin Jalani Tes Kesehatan, RSPAD Gatot Soebroto Libatkan 50 Dokter

Budi menyampaikan, RSPAD Gatot Subroto menjalankan mandat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk menyelenggarakan pemeriksaaan bakal capres dan cawapres untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Sabtu (21/10/2023).

Adapun tes kesehatan menjadi salah satu syarat pendaftaran capres dan cawapres untuk Pemilu 2024. RSPAD Gatot Subroto melibatkan sekitar 50 orang dokter dalam pemeriksaan ini.

"Kurang lebih sekitar 50 orang dokter baik yang langsung terlibat maupun di dalam kepanitiaan," kata Kepala Rumah Sakit Kepresidenan RSPAD Gatot Soebroto Budi Sulistya di depan MCU RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023).

Budi menyampaikan, RSPAD Gatot Subroto menjalankan mandat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk menyelenggarakan pemeriksaaan bakal capres dan cawapres untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Pemeriksaan ini intinya supaya bisa melaksanakan undang-undang yaitu bahwa bakal capres dan wapres itu sehat jasmani rohani," kata Budi.

Budi menjelaskan, bacapres dan bacawapres akan diperiksa jasmani, rohani, hingga tes bebas narkoba. RSPAD Gatot Subroto juga melibatkan kolegium kedokteran terkait untuk membantu proses pemeriksaan kesehatan.

"Kami juga selain dari RSPAD juga dari kolegium terkait, dalam hal ini kami sudah bersurat kepada Menkes (Menteri Kesehatan) dan telah memperoleh jawaban dari semua kolegium yang diperlukan untuk menjadi tim pemeriksa pada hari ini," terang dia.

Budi menyatakan, proses pemeriksaan dapat berlangsung 8-10 jam lamanya. Budi menyebut, lamanya durasi pemeriksaan kesehatan capres cawapres bergantung pada pengisian Magnetic Resonance Imaging (MRI) pasangan calon.

"Pemeriksaan akan dilaksanakan dengan durasi kurang lebih antara 8 sampai 10 jam. Sangat tergantung pengisian MRI-nya dan sebagainya," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiba di RSPAD Gatot Soebroto

Pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) tiba di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2023).

Pantauan Liputan6.com, Anies-Cak Imin tak datang bersamaan. Cak Imin tiba lebih dahulu pukul 06.53 WIB. Anies tiba pukul 06.58 WIB. Keduanya mengenakan baju kemeja lengan panjang berwarna putih dengan bawahan celana hitam.

Mereka bakal menjalani medical check up (MCU) atau pemeriksaan kesehatan sebagai syarat pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden 2024.

Anies-Cak Imin dijadwalkan menjalani rangkaian kesehatan, diantaranya tes darah, urine, serta tes kesehatan jasmani dan rohani selama 8-10 jam, dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Hadir Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari, Ketua Divisi Teknis KPU Idham Holik, Komisioner KPU August Mellaz.

 

3 dari 3 halaman

Pasangan AMIN Pertama Daftar di KPU

Diketahui, Anies-Cak Imin menjadi pasangan bacapres-bacawapres pertama yang mendaftarkan diri ke KPU RI untuk Pilpres 2024. Disusul bacapres-bacawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. Mereka sah mendaftar ke KPU pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Hasyim Asy’ari membenarkan, tahapan registrasi pencalonan presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) yang maju di Pemilu 2024 adalah tes kesehatan usai penyerahan dokumen administrasi adalah tes kesehatan.

“Pemeriksaannya mulai dari pagi. karena kan harus ada ngambil air seni, ambil darah, itu juga ada prosedur harus puasa dengan durasi sekian waktu, puasanya itu puasa makan, tapi tidak puasa minum dan ada durasinya,” kata Hasyim saat menjelaskan teknis umum pemeriksaan kesehatan di Kantor KPU RI Jakarta, Kamis (19/10/2023).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini