Sukses

4 Ucapan dan Pesan Sejumlah Menteri hingga Presiden Jokowi di Hari Batik Nasional 2023

Tepat pada hari ini, Senin (2/10/2023) diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Seperti yang diketahui, setiap tahunnya pada 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat pada hari ini, Senin (2/10/2023) diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Seperti yang diketahui, setiap tahunnya pada 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Batik sendiri telah masuk dalam daftar Perwakilan Warisan Budaya Tak Benda United Nations of Educational, Scientifical and Cultural Organization (UNESCO) pada 2009.

Tak ketinggalan, sejumlah menteri hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut merayakan dan mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional. Salah satunya Menteri Keuangan atau Menkeu Sri Mulyani.

Pada momen ini, Menkeu Sri Mulyani mengunggah video kegiatannya ketika memakai baju batik dalam kegiatan nasional dan internasional di akun Instagram resmi miliknya @smindrawati.

Dalam video tersebut memperlihatkan batik yang dipakai Sri Mulyani dalam berbagai warna mulai dari warna hijau, merah, putih, coklat, dan hitam. Sri Mulyani pun tampak anggun.

Dalam berbagai acara baik nasional dan internasional, Sri Mulyani tak lepas dari batik. Lewat caption di Instagram, Sri Mulyani juga menuliskan kalau pakaian terbaik akan membawa seseorang ke tempat luar biasa, dan batik salah satunya.

"Katanya, pakaian terbaik akan membawamu ke tempat luar biasa. Batik salah satunya. Saya sering mengenakan pakaian batik ke berbagai acara, baik nasional maupun internasional," tulis Sri Mulyani, Senin (2/10/2023).

Kemudian, dalam rangka Hari Batik Nasional, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie mengatakan, menjaga dan melestarikan batik bisa dilakukan salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital.

"Batik merupakan warisan leluhur yang harus terus dijaga serta dilestarikan oleh generasi penerus Bangsa Indonesia. Batik ini kan penuh nilai-nilai budaya, filosofinya kuat," kata Budi.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengingatkan, batik bukan sekadar kain melainkan jendela budaya Indonesia yang bisa 'dibuka' dan dinikmati siapa saja lewat motif maupun warna sarat makna filosofi.

Berikut sejumlah menteri hingga Presiden Jokowi yang turut merayakan dan mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional 2023 pada hari ini, Senin (2/10/2023) dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Menteri Keuangan Sri Mulyani Pamer Koleksi Batik Berbagai Warna

Setiap 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Biasanya pada momen Hari Batik Nasional tersebut, mungkin kita menjumpai banyak masyarakat yang memakai baju batik.

Adapun batik telah masuk dalam daftar Perwakilan Warisan Budaya Tak Benda United Nations of Educational, Scientifical and Cultural Organization (UNESCO) pada 2009.

Peringatan Hari Batik Nasional ini tak lepas dari keputusan dalam sidang ke-4 Komite antar-pemerintah tentang warisan budaya tak-benda yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi. Pada agenda itu, UNESCO mengakui batik, wayang, keris,noken dan tari saman sebagai Budaya-Tak Beda warisan manusia oleh UNESCO.

Pada momen ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengunggah video kegiatannya ketika memakai baju batik dalam kegiatan nasional dan internasional di akun Instagram resmi @smindrawati.

Video tersebut menunjukkan batik yang dipakai Sri Mulyani dalam berbagai warna mulai dari warna hijau, merah, putih, coklat, dan hitam. Dalam balutan batik tersebut, Sri Mulyani tampak anggun. Dalam berbagai acara baik nasional dan internasional, Sri Mulyani tak lepas dari batik.

Lewat caption di instagram, Sri Mulyani juga menuliskan kalau pakaian terbaik akan membawa seseorang ke tempat luar biasa, dan batik salah satunya.

"Katanya, pakaian terbaik akan membawamu ke tempat luar biasa. Batik salah satunya. Saya sering mengenakan pakaian batik ke berbagai acara, baik nasional maupun internasional," tulis Sri Mulyani, Senin (2/10/2023).

Sri Mulyani menyampaikan, Batik Indonesia telah diakui UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi (masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009 sehingga setiap 2 Oktober kita memperingati Hari Batik," tulis Sri Mulyani.

Sri Mulyani menuturkan, model dan motif baju batik saat ini makin beragam dan modern. Ia menilai, batik juga cocok digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari.

"Sekarang model dan motif batik juga makin beragam dan modern. Cocok digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari. Bangga memakai batik, budaya Indonesia yang MENDUNIA..! Selamat Hari Batik Nasional," pungkasnya.

 

3 dari 5 halaman

2. Menkominfo Sebut Teknologi Digital Bisa Bantu Lestarikan Batik

Dalam rangka Hari Batik Nasional, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie mengatakan, menjaga dan melestarikan batik bisa dilakukan salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital.

Hal itu disampaikan oleh Budi Arie Setiadi saat menghadiri acara Istana Berbatik di halaman Istana Merdeka, Jakarta pada Minggu 1 Oktober 2023.

"Batik merupakan warisan leluhur yang harus terus dijaga serta dilestarikan oleh generasi penerus Bangsa Indonesia. Batik ini kan penuh nilai-nilai budaya, filosofinya kuat," kata Budi.

Mengutip siaran pers, Menkominfo pun mendorong pemanfaatan teknologi digital, untuk melestarikan warisan budaya tak benda tersebut.

Menurut Budi, penjualan busana batik harus ditingkatkan dari segi konvensional maupun digital. Sebab, bisa melahirkan multiplier effect, khususnya di sektor pertumbuhan ekonomi.

"Dengan kita membeli satu buah batik, multiplier effect kemana-mana penjahitnya pasti orang Indonesia, motifnya, perajinnya. Jadi, kita harus bangga dengan adanya karya kreatif produk dalam negeri," ucap Budi.

Budi sendiri mengaku dirinya termasuk penggemar kemeja batik, dan kerap menggunakannya untuk kegiatan bekerja sehari-hari.

"Baju sehari-hari saya kan batik. Saya termasuk orang yang penggemar batik karena nyaman dipakai, punya nilai keindahan, rasa, arsitektur," kata Menkominfo.

"Batik ini beragam, yang saya kenakan motifnya Surakarta atau Solo, pilihan istri," jelas dia terkait motif yang dipakainya di acara tersebut.

 

4 dari 5 halaman

3. Pesan Menaker Ida Fauziyah

Setiap 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Peringatan Hari Batik Nasional ini berawal dari penetapan batik sebagai warisan budaya tak benda (WBTb) pada sidang ke-4 komite antarpemerintah tentang WBTb oleh UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009.

Dikutip dari instagram @kemdikbud.ri, Senin (2/10/2023), sidang itu mengakui batik, wayang, keris, noken, dan tari Saman sebagai Budaya Takbeda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity).

Pada momen Hari Batik Nasional ini, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah juga mengucapkan selamat Hari Batik Nasional. Ia juga mengajak masyarakat untuk melestarikan batik dan pekerja yang bernaung di dalamnya.

“Selamat Hari Batik Nasional. Batik bukan hanya tentang warisan budaya Bangsa Indonesia, tetapi juga tentang pekerja yang bernaung di dalamnya. Oleh karenya, saya mengimbau mari bersama-sama kita lestarikan batik beserta para pekerja/pengrajin Batik,” tulis dia dalam akun instagram resminya @idafauziyahnu, Senin (2/10/2023).

5 dari 5 halaman

4. Jokowi Sebut Batik Jendela Budaya Indonesia

Masyarakat Indonesia merayakan Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober. Presiden Jokowi menyampaikan pesan khusus memperingati batik sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009.

Jokowi mengingatkan, batik bukan sekadar kain melainkan jendela budaya Indonesia yang bisa “dibuka” dan dinikmati siapa saja lewat motif maupun warna sarat makna filosofi.

Ini disampaikan Presiden Jokowi dengan mengunggah kartu digital Selamat Hari Batik Nasional 2023 di akun Instagram terverifkasi, Senin (2/10/2023). Ia mengingatkan, batik salah satu wajah Indonesia.

"Batik adalah jendela kebudayaan Indonesia. Melalui motif dan warnanya yang sarat filosofi, yang terpampang indah di atas bentangan kain dan telah diterapkan pula di berbagai medium, batik membawa wajah Indonesia ke hadapan dunia," tulisnya.

Jokowi menggarisbawahi, generasi muda patut melestarikan keunikan dan kelebihan batik. Tujuannya, agar batik melintasi zaman.

"Dengan segenap kelebihan dan keunikannya itu, keindahan batik bertahan melintasi zaman," Jokowi menyambung.

Dalam unggahan berikutnya, RI-1 mengunggah video dokumentasi pergelaran seni Istana Berbatik yang dihadiri pejabat publik dan kalangan selebritas dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno hingga Titi Kamal.

Wakil Presiden Kiai Ma'ruf Amin hadir memberikan dukungan terhadap pelestarian batik dari masa ke masa. Halaman Istana Merdeka Jakarta pun menjadi saksi kecintaan anak negeri terhadap batik.

"Menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober, kemarin digelar Istana Berbatik. Para tamu undangan yang datang mengenakan pakaian batik beragam motif dan corak dari berbagai daerah di Tanah Air," kata Jokowi.

Di pengujung pesannya, Presiden Jokowi mengingatkan.

"Masyarakat Indonesia harus bangga memiliki batik sebagai salah satu karya seni dan warisan budaya tak benda," jelas Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.