Sukses

Rakernas PDIP Selesai, Putra Megawati yang Kedua Prananda: Soliditas Partai Menuju Pemilu 2024 Terjaga

Putra kedua Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, M Prananda Prabowo bersyukur pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP berjalan dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Putra kedua Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, M Prananda Prabowo bersyukur pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP berjalan dengan baik.

Prananda alias Nanda yang juga Ketua DPP PDIP itu menyebut, soliditas terlihat saat tiga Pilar Partai menunjukkan kekompakan menuju Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. Menurut Prananda, kehadiran ribuan petani dan pameran pangan wujud komitmen PDIP.

"Selama Rakernas IV, Ibu Ketua Umum dua kali berkunjung ke pameran pangan. Hari pertama bersama Pak Jokowi dan capres Ganjar Pranowo. Hari kedua juga kembali meninjau dan berdialog dengan penjaga stand di arena pameran pangan," kata Prananda dalam keterangannya, Minggu (1/10/2023).

Dia mengatakan, momen penyerahan bibit padi oleh petani kepada Megawati, Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan bakal calon presiden (capres) Ganjar Prabowo di pembukaan Rakernas merupakan bentuk simbolisasi keberpihakan.

"Pada simbol Pancasila sila kelima, padi melambangkan pangan dan sandang, yang merupakan syarat utama kemakmuran," beber Prananda.

Dia menyebut. pemilihan tema Rakernas PDIP bagi sebagian pihak terkesan tidak seksi dalam konteks politik terkini. Begitu pun di Rakernas sebelumnya, membahas jalur rempah untuk menyadarkan Indonesia negara yang kaya dengan rempah-rempah dan juga dengan pangan bumbu-bumbuan.

"Melalui agenda Rakernas ini, PDI Perjuangan juga menunjukkan soliditas Partai menghadapi Pemilu 2024. Berbagai arahan yang disampaikan Ibu Ketua Umum menjadi perhatian utama peserta termasuk soal menjaga kedisiplinan, selalu menjaga spirit gotong royong serta bekerja dengan turun ke bawah, ke akar rumput. Termasuk menekankan persoalan pangan merupakan hal yang sangat penting," kata Prananda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Soroti Kehadiran Pelajar

Prananda juga menyoroti kehadiran pelajar di arena pameran pangan. Menurutnya, momen itu bisa semakin menumbuhkembangkan semangat nasionalisme dan berdikari di kalangan muda.

"Diharapkan para pelajar itu, kaum Gen Z, mendapat inspirasi terhadap upaya menggelorakan kemajuan dan semangat berdikari, dan cinta tanah air," lanjutnya.

"PDI Perjuangan mengucap syukur pelaksanaan Rakernas IV berjalan dengan baik," pungkas Prananda.

Sebelumnya, ratusan siswa-siswi dari berbagai sekolah di Jabodetabek memadati Pameran Pangan Plus 2023 sebagai bagian dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI Perjuangan (PDIP) di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (1/10/2023).

Acara Pameran Pangan Plus 2023 ini merupakan bagian dari acara Rakernas IV PDIP yang mengusung tema 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia' dengan sub tema 'Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia'.

Tampak sejak pagi, ratusan pelajar tersebut sangat antusias mendatangi Pameran Pangan Plus 2023 meski sudah memasuki hari terakhir digelar. Dengan berbagai seragamnya, mereka mengikuti setiap instruksi yang diberikan para pembibingnya dari masing-masing sekolah.

Ratusan pelajar itu datang dari beberapa sekolah, diantaranya SMA Negeri 85 Jakarta, SMA 1 Cengkareng, SMK 35 Cawang, SMK 39 Jakarta, SMA/SMK Josua Jakarta, SMK Maarif Jakarta Barat, SMA Yadika 2 Jakarta Barat, SMA Muhammadiyah 2 Jakarta.

 

3 dari 3 halaman

Ilmu Pangan

Awalnya mereka berkumpul untuk menyaksikan diskusi membicara mengenai diversifikasi pangan berbasis kearifan lokal dengan berbagai narasumber.

Kemudian dari situ mereka menyebar untuk mengunjungi beberapa stand yang ada di Pameran.

Adapun salah satunya Randi dari SMA Josua Jakarta, mengatakan, bahwa dirinya sangat senang bisa menghadiri Pameran Pangan Plus 2023 tersebut. Ia mengaku banyak menerima ilmu terutama soal pangan.

"Senang sih dapet ilmu bisa memahami bahan pangan," kata Randi.

Sementara ditemui di lokasi Ketua Pameran Pangan Plus 2023 Rakernas IV PDIP, Rahmad Handoyo, berharap dengan hadirnya para pelajar ini, Pameran bisa memberikan inspirasi dan wawasan baru.

"Terima kasih atas kehadirannya ini adalah penyemangat, bahwa ternyata pameran kita diapresiasi oleh adik-adik pelajar. Terlebih juga para pelajar sangat ingin tahu apa itu pangan apa itu komuditas lokal kita. Mudah-mudahan apa yang didapat oleh adik-adik ini bisa memberikan inspirasi bagi mereka dan memberikan pemahaman," kata Rahmad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.