Sukses

Infografis Nama Mahfud Md Menguat Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Mahfud Md muncul sebagai calon kuat cawapres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Nama Menko Polhukam itu kian santer setelah Ridwan Kamil dan AHY dicoret PDIP dari daftar bursa cawapres Ganjar.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Mahfud Md menguat menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo. Mahfud Md termasuk 4 orang yang masih masuk bursa cawapres yang bakal diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan atau Menko Polhukam itu kian santer sebagai bakal cawapres untuk Pilpres 2024. Terutama setelah Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyebut Ridwan Kamil dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah dicoret dari daftar bursa cawapres Ganjar.

"Tadinya kan muncul namanya Mas AHY (Agus Harimurti Yudhoyono), tapi karena Demokrat pindah atau memutuskan bersama Mas Prabowo (Prabowo Subianto), ya tentu saja sepertinya tidak mungkin," ujar Puan Maharani di Jakarta, Senin 18 September 2023.

Selain itu, Ridwan Kamil yang sebelumnya digadang-gadang bakal mendampingi Ganjar Pranowo, namanya dipastikan dicoret dari daftar. Sebab, Partai Golkar yang merupakan partai Ridwan Kamil, juga berada dalam barisan pendukung Prabowo Subianto.

"Pak RK (Ridwan Kamil), Golkar kan sudah dengan Pak Prabowo (Prabowo Subianto). Pak RK merupakan kader Golkar. Lagi pula saya dengar munas di Golkar tetap memutuskan capres cawapresnya tetap Mas Airlangga (Airlangga Hartarto). Jadi tidak mungkin satu kader ada di sini, gerbongnya ada di tempat lain," Ketua DPP PDIP itu menjelaskan.

Adapun khusus nama Mahfud Md, dipertimbangkan sebagai bakal cawapres 2024 yang merepresentasikan Nahdlatul Ulama atau NU. "Mungkin, Pak Mahfud salah satunya," Puan Maharani menekankan.

Selain Mahfud Md, ada 3 nama yang masih dipertimbangkan menjadi cawapres Ganjar Pranowo, yakni Erick Thohir, Sandiaga S. Uno, dan Andika Perkasa. Lalu, bagaimana ragam tanggapan nama Mahfud menguat menjadi cawapres Ganjar? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Nama Mahfud Md Menguat Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

3 dari 3 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Nama Mahfud Md Menguat Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.