Sukses

Anies di Sukabumi: Kita Ingin Petani Bisa Menabung, Taraf Hidupnya Meningkat

Anies mengatakan di hadapan para petani bahwa saat ini harga kebutuhan pangan juga sedang naik. Karena hal ini, keluarga di Indonesia membayar lebih mahal untuk memenuhi kebutuhan pangannya.

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon presiden (Bacapres) dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan, berdialaog dengan kelompok petani di Sukabumi, Jawa Barat. Dia menegaskan keinginannya untuk meningkatkan kesejahteraan dan  kualitas hidup para petani.

"Kita ingin petani lebih sejahtera, keluarganya tercukupi kebutuhan pangannya, bisa menabung, sehingga taraf hidupnya meningkat," kata Anies dalam keterangan tertulis, diterima Rabu (20/9/2023).

Anies mengatakan di hadapan para petani bahwa saat ini harga kebutuhan pangan juga sedang naik. Karena hal ini, kata Anies keluarga di Indonesia membayar lebih mahal untuk memenuhi kebutuhan pangannya.

"Sekarang harga pangan meningkat tinggi, keluarga bayar mahal untuk itu. Tapi uangnya tak sampai ke petani," ujarnya.

Masalahnya, kata Anies, harga pangan yang tinggi saat ini tidak berbanding lurus dengan peningkatan kesejahteraan petani. Selain itu, dia juga menyoroti persoalan pupuk yang juga belum terpecahkan. 

"Kita ingin ada perubahan tata kelola di sektor pangan dan pertanian kita. Harga pupuk harus terjangkau. Petani juga dapat kepastian tentang ongkos produksi, kepastian pasokan, dan kepastian harga jual," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebijakan Sektor Pangan Harus Berkeadilan

Oleh sebab itu, ujar Anies kebijakan negara di sektor pangan harus lebih berkeadilan. Dia ingin para petani, mendapatkan kesetaraan kesempatan agar lebih sejahtera.

"Kita ingin tegakkan keadilan di bidang pangan, ada kesetaraan kesempatan bagi petani. Jangan sampai yang besar tambah besar, sementara yang kecil dilupakan," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.