Sukses

Gubernur Herman Deru Dorong Sumsel Jadi Episentrum Pendidikan ASN se-Sumatera

ASN Indonesia berhak mendapatkan proses pembelajaran terbaik dari sumber terbaik.

Liputan6.com, Palembang Pendidikan dan pelatihan (Diklat) menjadi salah satu cara untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal. Berkaca dari hal itu, Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru mendorong para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk terus melakukan pengembangan diri setiap saat seiring regulasi yang berubah dan permintaan peningkatan kompetensi.

Dalam mendukung pengembangan diri, Herman Deru mendorong BPSDMD menjadi sarana bagi ASN untuk berani berkompetisi dan berinovasi. Namun, ia mengingatkan bahwa Inovasi yang telah ada juga perlu ditingkatkan. Artinya, tidak hanya menunggu aplikasinya tapi bagaimana implementasinya dan dapat bermanfaat di masyarakat.

"Saya ingin ada upgrading di setiap job dalam setiap OPD. BKD dan BPSDMD bekerja sama menanyakan ke OPD butuhnya apa. Satukan program visi dan misi kab/kota di Sumsel untuk menjadikan SDM yang berkualitas melalui kapasitas building," pinta Herman Deru saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan Kompetensi SDM Aparatur se-Sumatera Selatan Tahun 2023 di Aula BPSDMD Sumsel, Senin (11/9/2023).

Melalui kegiatan rakor ini, Herman Deru berharap dapat merekonstruksi menjadi lebih baik lagi. Sehingga dapat menghasilkan banyak SDM berkualitas.

Kepala BPSDM Sumsel, Prof Dr Edward Juliarta, melaporkan kegiatan ini bertujuan untuk mensinkronkan dan meningkatkan kualitas program perencanaan pengembangan kompetensi SDM di Sumsel, serta meningkatkan koordinasi dan percepatan tata kelola SDM di Sumsel.

"BPSDMD siap diarahkan dan juga bekerja sama untuk membangun daerah bersama," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara BPSDMD Jadi Learning Center

Sementara itu, Kepala Lembaga Administrasi Negara RI, Dr Adi Suryanto mengatakan BPSDMD bisa menjadi learning center bagi ASN se-Sumsel.

Caranya dengan menyamakan visi bersama untuk menjadikan BPSDMD sebagai hak learning center se-Sumsel. Dimulai dengan tata kelola manajemen yang baik dari penyelenggara, peserta dan widyaiswara.

Menurutnya, pengembangan kompetensi adalah hak PNS. Mengutip pidato Presiden RI Joko Widodo bahwa lembaga pendidikan dan pelatihan harus didukung untuk melakukan pembenahan secara besar-besaran. ASN Indonesia berhak mendapatkan proses pembelajaran terbaik dari sumber terbaik.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan Penandatangan kesepakatan bersama BPSDMD Provinsi Sumsel, BPSDMD Kemendagri, LAN RI dalam rangka meningkatkan kualitas SDM di Sumsel. Turut hadir Para Kepala OPD Sumsel.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini