Sukses

BPIP Gelar Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila dan Kirab Pancasila di Bandung

Badan Pembinaan Idelogi Pancasila (BPIP) menggelar Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila di Gedung Merdeka serta Kirab Pancasila.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka memberikan apresiasi kepada seluruh elemen bangsa yang berkontribusi dalam mengejawantahkan pembinaan ideologi Pancasila, Badan Pembinaan Idelogi Pancasila (BPIP) menggelar Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila di Gedung Merdeka serta Kirab Pancasila di sepanjang jalan Asia-Afrika, Bandung, Sabtu (9/9/2023) yang digelar mulai pukul 12.30 sampai 17.30 WIB.

Sebagaimana diketahui, penyelenggaraan Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila dilangsungkan dengan memilih ikon, baik individu, kelompok, maupun lembaga yang dipilah dalam lima kategori, yakni Sains dan Inovasi, Olah Raga, Social Entrepreneur, dan Tokoh Lintas Iman.

Para Ikon Prestasi Pancasila tersebut dipilih karena dapat mencerminkan semangat perjuangan atau elan manusia Indonesia yang menginspirasi dan memberi keteladanan bagi seluruh elemen bangsa untuk menguatkan rasa bangga dan cinta Indonesia.

Para kandidat pun dijaring dari seluruh penjuru Indonesia dan berasal dari latar belakang yang sangat beragam serta memiliki prestasi, karya, maupun keteladanan yang diharapkan bisa menebar inspirasi dan membangkitkan semangat berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan dari Pancasila sebagai living ideology.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelaran Kirab Pancasila

Usai Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila, dilanjutkan dengan Kirab Pancasila di sepanjang jalan bersejarah di Kota Bandung. Acara ini terbuka untuk umum dan dapat disaksikan, baik secara langsung maupun live streaming melalui kanal YouTube BPIP RI dan Diskominfo Kota Bandung.

Iring-iringan kirab akan dimeriahkan oleh Canka Panorama Marching Band Secapa TNI AD, Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Jawa Barat, Komunitas Seni Benjang, Komunitas Bandung Culture, Paskibraka Kota Bandung, Gema Angklung Sabilulungan, ISBI Bandung, Ega Robot Ethnic Percussion, Paguyuban Sapedah Bandung Baheula, Mojang Jajaka Kota Bandung, Sisingaan, Reog, dan lain-lain.

Selain itu, masyarakat yang hadir secara langsung dapat mengikuti Lomba Kirab Pancasila berupa lomba foto dan reels video dengan total hadiah jutaan rupiah. Untuk mendapatkan informasi ketentuan lengkap terkait dengan lomba dapat diakses melalui akun Instagram @bpipri.

Rangkaian acara yang digelar oleh BPIP, rencananya akan dihadiri oleh Dewan Pengarah, Kepala dan Wakil Kepala BPIP, PJ. Gubernur Jawa Barat, Plh. Walikota Bandung, hingga jajaran Forkopimda.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.