Sukses

Jokowi Ajak Presiden Bangladesh Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan

Jokowi mengatakan, Bangladesh merupakan sahabat Indonesia. Menurut dia, persahabatan ini harus terus diperkuat dengan membentuk kerja sama konkret.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin memperkuat kerja sama di bidang perdagangan. Terlebih, perdagangan Indonesia-Bangladesh tumbuh signifikan hingga 19,9 persen dalam lima tahun terakhir.

"Perdagangan kita tumbuh signifikan tumbuh sebesar 19,9 persen dalam 5 tahun terakhir. Hal ini perlu terus dioptimalkan," kata Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Bangladesh disela-sela KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Jokowi mengatakan, Bangladesh merupakan sahabat Indonesia. Menurut dia, persahabatan ini harus terus diperkuat dengan membentuk kerja sama konkret.

"Bangladesh adalah sahabat Indonesia. Persahabatan ini harus diperkuat dengan kerja sama konkret yang bermanfaat bagi rakyat kita," jelas dia.

Presiden Jokowi akan memimpin seluruh rangkaian pertemuan pada hari kedua rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Mengawali kegiatannya, Jokowi diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin di Ruang Kakatua, JCC.

Setelahnya, dia akan memimpin KTT ke-26 ASEAN-China yang diikuti oleh para pemimpin negara ASEAN bersama dengan Premier China Li Qiang.

Secara berurutan, Jokowi juga akan memimpin KTT ke-24 ASEAN-Republik Korea yang juga dihadiri oleh Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol dan KTT ke-26 ASEAN-Jepang bersama dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Akan Gelar Pertemuan dengan Wapres AS Kamala Harris

Pada siang hari, Jokowi bersama dengan para pemimpin negara ASEAN diagendakan mengikuti KTT ke-26 ASEAN Plus Three (APT). Pertemuan yang digelar di Ruang Cenderawasih 3 tersebut juga akan dihadiri oleh pemimpin negara China, Republik Korea, dan Jepang.

Di sela-sela pertemuan, Jokowi diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris.

Selanjutnya, Jokowi dan para pemimpin negara akan mengikuti KTT ke-11 ASEAN-US yang juga diselenggarakan di Ruang Cenderawasih 3, JCC.

Selanjutnya, KTT ASEAN-Kanada akan digelar dengan dihadiri oleh para pemimpin negara ASEAN dengan PM Kanada Justin Trudeau.

Malam harinya, Jokowi dan Ibu Negara Iriana bersama para pemimpin negara dan pendamping akan menghadiri jamuan santap malam dalam rangka KTT ke-43 ASEAN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.