Sukses

KTT ASEAN-China, Jokowi Singgung soal Kerja Sama Harus Saling Menguntungkan

Menurutnya, hal ini hanya bisa dilakukan apabila ASEAN dan China memiliki kepercayaan satu sama lain. Selain itu, Jokowi menyampaikan kepercayaan ini harus dibangun dan dipelihara oleh semua pihak untuk perdamaian di kawasan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-China di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (6/9/2023). KTT ini dihadiri oleh para pemimpin negara ASEAN dan Premier China Li Qiang.

Jokowi mengatakan bahwa tahun ini merupakan 20 tahun aksesi China terhadap Treaty of Amity and Cooperation atau Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama di Asia Tenggara. Dia pun mendorong kerja sama konkrit yang harus saling menguntungkan.

"Kita perlu memaknai semua ini dengan merealisasikan kerja sama konkrit yang saling menguntungkan," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (6/9/2023).

Menurut dia, hal tersebut hanya bisa dilakukan apabila ASEAN dan China memiliki kepercayaan satu sama lain. Selain itu, Jokowi menyampaikan kepercayaan ini harus dibangun dan dipelihara oleh semua pihak untuk perdamaian di kawasan.

"Trust dan kerjasama konkrit inilah yang dapat menjadi positive force bagi stabilitas dan perdamaian kawasan," ujar Jokowi.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi akan memimpin seluruh rangkaian pertemuan pada hari kedua rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Mengawali kegiatannya, Jokowi diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin di Ruang Kakatua, JCC.

Setelahnya, dia akan memimpin KTT ke-26 ASEAN-China yang diikuti oleh para pemimpin negara ASEAN bersama dengan Premier China Li Qiang.

Secara berurutan, Jokowi juga akan memimpin KTT ke-24 ASEAN-Republik Korea yang juga dihadiri oleh Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol dan KTT ke-26 ASEAN-Jepang bersama dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Agenda Siang Hari Jokowi

Pada siang hari, Jokowi bersama dengan para pemimpin negara ASEAN diagendakan mengikuti KTT ke-26 ASEAN Plus Three (APT). Pertemuan yang digelar di Ruang Cenderawasih 3 tersebut juga akan dihadiri oleh pemimpin negara China, Republik Korea, dan Jepang.

Di sela-sela pertemuan, Jokowi diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris.Selanjutnya, Jokowi dan para pemimpin negara akan mengikuti KTT ke-11 ASEAN-US yang juga diselenggarakan di Ruang Cenderawasih 3, JCC.

Selanjutnya, KTT ASEAN-Kanada akan digelar dengan dihadiri oleh para pemimpin negara ASEAN dengan PM Kanada Justin Trudeau.

Malam harinya, Jokowi dan Ibu Negara Iriana bersama para pemimpin negara dan pendamping akan menghadiri jamuan santap malam dalam rangka KTT ke-43 ASEAN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini