Sukses

Ada KTT ASEAN di JCC, Jalan Sudirman-Thamrin, Gatsu, dan Rasuna Said Bakal Ditutup Besok

Polisi memberlakukan rekayasa arus lalu lintas di beberapa ruas jalan yang dilalui delegasi negara peserta KTT ASEAN 2023 dari tempat penginapan menuju ke JCC.

Liputan6.com, Jakarta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-43 digelar di Jakarta Convention Center, pada 5-7 September 2023. Polisi pun memberlakukan rekayasa arus lalu lintas di beberapa ruas jalan yang dilalui delegasi negara peserta KTT ASEAN 2023 dari tempat penginapan menuju ke JCC.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, menerangkan pengalihan arus lalu lintas terbagi menjadi tiga sektor, yakni Senayan, Bundaran HI dan Kuningan. Bahkan, beberapa ruas jalan diprioritaskan untuk delegasi negara.

"Kita akan melihat pergerakan tamu yang akan menuju JCC dari venue. Pada pagi kita akan mengalihkan beberapa arus lalu lintas," kata Latif di The Sultan Hotel, Jakpus pada Selasa (5/9/2023).

Dia merinci, jalur prioritas yaitu sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Gatot Subroto, Rasuna Said bakal sterilkan teruntuk tamu negara yang akan ke JCC.

"Begitu juga yang dari seputaran GBK dari Fairmont, Pasific Place, The Langham. Sehingga jalur Sudirman-Thamrin, jalur Sudirman, jalur Gatot Subroto, jalur Rasuna Said akan kita prioritaskan untuk kepala negara," ujar Latif soal pengalihan arus lalu lintas selama KTT ASEAN.

Oleh karena itu, dia menerangkan, kendaraan roda empat arah Timur; Cawang, Bekasi dimasukkan ke dalam tol via gerbang tol Tebet 1 supaya tidak masuk ke Kuningan. Sementara itu, pemotor dari Pasar Minggu akan diluruskan melalui Tebet.

"Untuk di Kuningan tidak ada yang boleh masuk ke Rasuna Said, Karena ada tamu negara yang akan melewati jalan tersebut. Sehingga yang sudah masuk lewat dari Pancoran ke Kuningan akan kita belokkan ke kiri. Begitu juga arah yang dari Tendean, yang biasanya lewat terowongan akan kita belokan ke kanan maupun ke kiri," papar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

SCBD, Antasari, Permata Hijau hingga Slipi

Latif menerangkan, tidak ada lagi kendaraan yang lewat SCBD masuk ke Gatot Subroto di depan Polda Metro Jaya. Sehingga jalur Sudirman untuk sementara prioritas tamu negara. Pun demikian dengan Bundaran Senayan.

"Orang yang dari Antasari akan kita belokkan ke kiri untuk masuk lewat Pakubowono, pakubowono sampai masuk ke permata hijau. Permata hijau lurus lewat Slipi maupun lewat Tomang sampai pusat kota," ujar Latif.

"Ini yang akan kita lakukan pada pagi hari," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini