Sukses

Tak Lagi Jabat Gubernur Jabar, Ridwan Kamil: Saya Mau Urus Anak Sekolah ke Luar Negeri Dulu

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian melantik sembilan Penjabat (Pj) Gubernur, termasuk pengganti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dia adalah Bey Machmudin.

Liputan6.com, Jakarta Ridwan Kamil resmi mengakhiri tugasnya sebagai Mantan Gubernur Jawa Barat. Setelah tak lagi menjabat Gubernur Jabar, dia mengaku akan mengambil jeda sejenak dari pemerintahan lantaran ingin fokus mengurus putrinya, Camillia Laetita Azzahra yang akan melanjutkan sekolah ke luar negeri.

Hal ini diungkapkan Ridwan Kamil saat menghadiri acara pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur Jabar di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Selasa (5/9/2023).

"Pertama izin, saya butuh jeda dulu. Warga Jawa Barat, warga Indonesia, izinkan saya mau urus anak dulu yang mau sekolah di luar negeri," ujarnya.

"Jadi saya akan mengantarkan anak saya bersekolah di luar negeri dan butuh waktu sambil memonitor tentunya," tambah Ridwan Kamil.

Saat disinggung terkait masalah pemilihan kepala daerah (Pilkada), pria yang akrab disapa Kang Emil ini enggan membahasnya. Menurutnya, tidak relevan untuk dibahas saat ini. 

Seperi diketahui nama Ridwan Kamil kerap muncul dengan elektabilitas tinggi di beberapa hasil survei.

"Nama saya memang ada di survei, tetapi saya per hari ini kan selalu ikut arahan dari Ketua Umum Partai Golkar ini gimana baiknya dan sebagainya. Kita tunggu aja takdirnya yang terbaik buat Indonesia," ungkap mantan Wali Kota Bandung ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bey Machmudin Gantikan Ridwan Kamil

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik sembilan Penjabat (Pj) Gubernur, termasuk pengganti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Dia adalah Bey Machmudin.

Setelah resmi dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Bey memastikan dirinya bakal bekerja sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, khususnya dalam mengawal kelancaran Pemilu 2024.

"Yang pasti adalah kami jajaran pemerintah dan KPU, Bawaslu, dan lainnya akan memastikan bahwa Pemilu 2024 baik Pilpres, Pileg, dan Pilkada serentak berlangsung aman dan lancar, dan bisa menjamin bahwa ASN, TNI dan Polri netral," tutur Bey di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (5/9/2023).

Menurut Bey, dia akan melalui giat sertijab bersama Ridwan Kamil terlebih dahulu, disusul dengan agenda rapat pimpinan. Dia pun belum merinci langkah ke depan usai resmi menjadi Pj Gubernur Jawa Barat.

"Ya saya besok Rapim, apa yang prioritas kita kerjakan," jelas dia.

Bey mengaku siap menjalankan tugas sebagai Pj Gubernur Jawa Barat dan mengikuti pesan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

3 dari 3 halaman

9 Nama yang Diputus Presiden Jokowi sebagai Pj Gubernur

Berikut nama 9 yang sudah diputuskan Jokowi sebagai Pj Gubernur:

1.Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin

2. Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana

3. Pj Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin

4. Pj Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya

5. Pj Gubernur, Papua Ridwan Rumasukun

6. Pj Gubernur NTT, Ayodhia Kalake

7. Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harrison Azroi 

8. Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi

9.  Pj Gubernur Sulsel Bahtiar, Baharuddin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.