Sukses

Jokowi: Jangan-Jangan HIPMI Jadi Himpunan Para Menteri Indonesia

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut banyak alumni Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang kini menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju. Dia pun berkelakar HIPMI bisa berganti nama menjadi Himpunan Para Menteri Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut banyak alumni Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang kini menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju. Dia pun berkelakar HIPMI bisa berganti nama menjadi Himpunan Para Menteri Indonesia.

"Saya jadi mikir-mikir nih, jangan-jangan HIPMI ini sudah menjadi Himpunan Para Menteri Indonesia, karena dari HIPMI menterinya banyak sekali dan terlalu banyak," kata Jokowi saat membuka Rakernas XVIII HIPMI Tahun 2023 di ICE BSD Tangerang, Kamis (31/8/2023).

Dia menyampaikan alumni HIPMI yang kini menjadi menterinya. Mulai dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani, hingga Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Menurut dia, Ketua HIPMI periode 2022-2025 Akbar Himawan juga memiliki peluang untuk menjadi menterinya. Namun, Jokowi menilai Akbar Himawan akan menjadi menteri di tahun 2024, meski dirinya tak lagi menjabat presiden.

"Namun, tidak apa-apa kalau masih punya kesempatan saya, Bung Akbar saya masukan jadi HIPMI lagi," ujarnya.

"Tapi tidak lah, tidak, bung Akbar mengantri untuk tahun depan jadi menteri bisa saya kira, meskipun Presiden-nya bukan saya, tetapi Bung Akbar masuk itu sudah," sambung Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Alumni HIPMI

Jokowi lalu menuturkan bahwa dirinya juga alumni dari HIPMI, meski bukan pengurus pusat. Dia menuturkan berasal dari HIMPI kampung atau daerah.

"Jangan dilupakan, saya ini adalah HIPMI, tetapi HIPMI daerah, HIPMI kampung memang belum masuk ke DPP, belum masuk ke HIPMI pusat, HIPMI Daerah. Namun, sekali lagi, Presiden tetap HIPMI," tutur Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • HIPMI adalah singkatan dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia.

    HIPMI