Sukses

Gedung Tinggi di Jakarta Bakal Diminta Pasang Water Mist untuk Kurangi Polusi Udara

Penyemprotan air dari atas gedung tinggi dengan water mist generator dinilai lebih efektif mengurangi polusi udara ketimbang melakukan penyiraman air di jalanan Ibu Kota.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal mulai mendata gedung-gedung tinggi di Ibu Kota. Gedung-gedung tinggi di Jakarta bakal diminta memasang pompa bertekanan tinggi atau water mist generator yang dapat menyemprotkan air dari puncak gedung guna mengurangi polusi udara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto menyebut uji coba penyemprotan air dari puncak gedung menggunakan water mist generator telah diuji coba di Gedung Pertamina. Hasilnya, kata dia cara itu mampu menurunkan polutan.

"Kita melakukan penyemprotan dari atas Gedung Pertamina dan di bawahnya langsung diukur dengan alat PM 2.5. Itu ternyata bisa menurunkan kadar PM 2.5 yang ada di sekitaran gedung tersebut," kata Asep di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2023).

Asep menyampaikan, penyemprotan air dari atas gedung tinggi dengan water mist generator dinilai lebih efektif ketimbang melakukan penyiraman air di jalanan Ibu Kota. Sehingga, kata Asep gedung-gedung tinggi lainnya di Jakarta bakal disarankan memasang water mist generator.

"Jadi disampaikan oleh Pak Gubernur juga bahwa kemungkinan water mist itu akan kita coba terapkan di Jakarta," kata Asep.

Selain itu, kata Asep, harga water mist generator juga terjangkau. Dia menyebut, air yang dibutuhkan untuk penyemprotan menggunakan water mist generator pun juga tidak banyak.

"Kemarin itu dari BRIN menyampaikan kisaran Rp50 juta 1 unit dan itu sangat mudah dibuat ya, kemarin baru uji coba. Jadi hari ini BRIN akan menyampaikan speknya kepada kami Pemprov DKI Jakarta. Kemudian juga nanti kita koordinasikan untuk penerapannya," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada 1.300 Gedung Lebih dari Delapan Lantai

Asep menuturkan, pihaknya tengah mendata gedung-gedung tinggi Jakarta yang kira-kira bisa disarankan untuk memasang water mist generator. Sejauh ini, didapat data ada total 1.300 gedung di atas delapan lantai di Jakarta.

"Gedung Jakarta kan ada yang sampai 30, 40, 60 lantai. Itu coba kita bersama dengan BRIN, kita lihat gedung mana saja memang dari 1.300 gedung yang ada di Jakarta itu yang bisa efektif untuk dipasangkan water mist tersebut," ucap dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini