Sukses

Wayangan Bareng Anies Baswedan Lakon Parikesit, HNW: Simbol Perubahan dan Regenerasi Kepemimpinan

Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid menyebutkan sosok Parikesit dalam cerita pewayangan menggambarkan perubahan dan regenerasi kepemimpinan.

Liputan6.com, Jakarta DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menghadirkan Pagelaran Wayang Kulit dengan lakon cerita berjudul Parikesit Jumeneng Ratu bertempat di Kantor DPP PKS, Jakarta, pada Minggu, 27 Agustus 2023. 

Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid menyebutkan sosok Parikesit dalam cerita pewayangan menggambarkan perubahan dan regenerasi kepemimpinan. 

"Lakon yang sengaja dipilihkan adalah lakon yang amat sangat korelatif dan amat sesuai dengan apa yang kita pikirkan dan apa kita perjuangkan bersama yaitu Parikesit jumeneng Ratu kita mengetahui bahwa ini adalah sebuah cerita tentang bagaimana regenerasi kepemimpinan terjadi,"  tutur sosok yang akrab disapa HNW.

"Bagaimana Parikesit yang adalah generasi cucu dari Amarta yang memenangkan perang Baratayuda beliau adalah cucunya Arjuna adalah putranya Abimanyu Angkawijaya dengan istri beliau Dewi Utari Parikesit adalah generasi cucu  yang kemudian terbukti bukan hanya bisa melanjutkan kehidupan berbangsa bernegara Pada era itu," imbuhnya.

HNW berharap dalam lakon cerita Parikesit bisa menghadirkan inspirasi dan aharapan bersama akan muncul pemimpin yang membawa perubahan dan kemajuan seperti yang dicita-citakan para pendiri bangsa.

"Kita berharap ini semua memberikan inspirasi kepada kita bahwa adanya kelanjutan dan adanya perubahan adanya regenerasi kepemimpinan adalah suatu hal yang sangat-sangat wajar saja itu menjadi bagian dari budaya Indonesia Budaya wayang yang mudah dan bisa kita hayati secara lebih baik," ucap HNW.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pagelaran Wayang Kulit Bagian Perayaan Kemerdekaan Indonesia

Ia lantas menyebutkan PKS menyelenggarakan Pagelaran Wayang kulit sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia dengan menikmati pagelaran budaya HNW mengatakan PKS sebagai partai politik tidak selalu menjalankan politik praktis namun juga politik kebudayaan.

"PKS mensyukuri karunia Allah yang bernama kemerdekaan Indonesia tapi sekaligus mensyukuri bahwa Allah memberikan kita karunia nikmat untuk bisa menikmati Indonesia merdeka melalui menikmati kebudayaan yang ada di Indonesia inilah salah satu pembuktian bahwa partai politik memang tidak hanya berurusan terkait dengan Pemilu atau politik praktis tapi juga politik kebudayaan," ucap HNW.

"Salah satu adalah nguri-nguri menyemarakkan kehidupan berbangsa kita melalui kebudayaan yang ada yakni wayang kulit wayang adalah budaya Indonesia yang sudah diakui di UNESCO sebagai warisan budaya dunia," pungkasnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini