Sukses

PDIP Pecat Budiman Sudjatmiko, Gerindra: Cita-Cita Politiknya Sama

PDI Perjuangan (PDIP) telah resmi memecat Budiman Sudjatmiko dari keanggotaan kader usai mendukung Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta PDI Perjuangan (PDIP) telah resmi memecat Budiman Sudjatmiko dari keanggotaan kader usai mendukung Prabowo Subianto.

Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburorkhman melihat, cita-cita politik Budiman Sudjatmiko sama dengan Partai Gerindra.

“Kalau saya lihat, cita-cita perjuangan Pak Budiman dan Partai Gerindra kurang lebih kan sama. Menjadikan Indonesia lebih maju, bangsa yang besar, mensejahterahkan rakyat, kurang lebih cita-cita politik beliau itu sama dengan cita-cita politik Partai Gerindra,” tutur Habiburokhman di Lapangan Sepak Bola Gedong, Condet, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Sabtu (26/8/2023).

Menurut dia, sejauh ini belum ada pernyataan Budiman Sudjatmiko siap bergabung dengan Partai Gerindra. Namun secara umum dan normatif, pihaknya sebagai partai terbuka tentu mempersilahkan seluruh WNI yang menerima Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika alias empat pilar kebangsaan, untuk dapat menjadi anggota Partai Gerindra.

“Saya tidak tahu apakah bergabung atau tidak, ini tidak berasumsi ya. Tapi kalau ideologinya, cita-cita politiknya, idealismenya, itu beliau menjadikan rakyat sejahtera, itu kan salah satu pelopor UU Desa. Begitupun Partai Gerindra, terdepan dalam mengedepankan masyarakat desa. Itu kita nyambung,” jelas dia.

Adapun sikap PDIP yang memecat Budiman Sudjatmiko dari keanggotaan, kata Habiburokhman, adalah mekanisme internal partai yang mestinya dihormati semua pihak.

“Tapi Gerindra, dalam posisi yang sama misalnya kader kami yang tidak mendukung Pak Prabowo, kami tidak akan menyalahkan partai lain, kami tidak akan menyindir partai lain atau menuduh langsung. Karena itu kan urusan internal,” dia menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PDIP Pecat Budiman Sudjatmiko

Sebelumnya, PDIP telah memecat Budiman Sudjatmiko usai mendukung Prabowo Subianto. PDIP menilai Budiman melakukan kesalahan berat. Budiman sendiri mengaku telah menerima surat pemecatannya dari PDI Perjuangan.

"Sudah sudah (menerima). Iya benar (pemecatan)," kata Budiman dikonfirmasi, Jumat (25/8/2023).

Namun Budiman belum membeberkan langkah politik selanjutnya setelah dipecat PDI Perjuangan.

Budiman mengatakan telah menyiapkan episode baru dalam perjalanan politiknya agar bisa berkontribusi positif bagi Indonesia.

"Ini adalah akhir dari satu episode dalam hidup saya, dan saya tentu akan memulai episode berikutnya, bagian dari perjalanan panjang saya sebagai manusia politik sejak saya remaja dan ya akan mencoba terus mengalir bersama sejarah saja, bersama waktu ya," ujar Budiman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.