Sukses

Teknokrat dan Peneliti Minta Jangan Sepelekan Arsip

Menurut Connie, semua harus tertib arsip maka dalam mencermati sebuah peristiwa semua dapat terbaca. Apalagi bila menyangkut suatu wilayah konflik atau sengketa wilayah dengan negara tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Dalam menghadapi situasi terkini, peran arsip menjadi penting dalam mengambil kebijakan masa kini dan masa depan. Sehingga kesadaran akan pentingnya arsip menjadi penting.

Demikian benang merah dari Seminar Nasional “Marwah Geopolitik dan Geostrategi dalam Arsip” yang digelar Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Ruang Noerhadi Magetsari ANRI, Jakarta, Jumat (25/8/2023).

Hasto Kristityanto menjadi pembicara kunci dan hadir sebagai pemateri Dr. Connie Rahakundini dan Prof. Hikmahanto Juwana serta moderator Dr. Kandar.

"Arsip menjadi sangat penting. Apalagi sekarang kita mengalami seperti zaman Bung Karno. Buka aja arsip, kenapa kita menjadi kekuatan dunia bagian selatan terkuat. Bung Karno bisa bikin. Pertama karena kekuatan geopolitik, kedua karena kekuatan pikiran," kata Connie.

"Arsip menjadi penting, membuktikan Soekarno di masa muda sudah punya confidence dan kemudian kita disegani," lanjutnya.

Menurut Connie, semua harus tertib arsip maka dalam mencermati sebuah peristiwa semua dapat terbaca. Apalagi bila menyangkut suatu wilayah konflik atau sengketa wilayah dengan negara tertentu.

"Isu arsip sangat strategis meskipun menghadapi tantangan karena terkait arsip belum menjadi budaya karena masih kuatnya budaya tutur," lanjut pengamat militer dan pertahanan itu.

Prof Hikmahanto juga menyebutkan sejatinya para teknokrat dan peneliti harus memanfaatkan arsip dengan maksimal dan penting untuk konsistensi soal arsip. "Jangan sepelekan Arsip Nasional," tegasnya.

Arsip untuk diteliti dan diterjamahkan menjadi sebuah kebijakan sehingga tercipta suatu konsistensi.

"Dari pengalaman yang saya sering kali temui itu adalah ketika kita mencari arsip itu arsip ada dibawa sama penjaganya kita enggak disiplin bahwa berbagai dokumen ditaruh di tempat tertentu. Sehingga kita tahu prosesnya seperti apa. Dan kemudian hasil penelitian ini diterjemahkan sebagai suatu kebijakan. Sehingga kita konsisten. Tapi misalnya arsip ini katakanlan carut marut dan lain sebagainya bagaimana kita menjaga konsistensi," kata Hikmahanto Juwana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran Arsip Harus Dilihat Secara Strategis

Hal ini diperkuat dengan pernyataan Kepala ANRI soal manfaat arsip. "Peran arsip masih banyak dilihat secara teknis tapi harus dilihat secara strategis," Kepala ANRI Imam Gunarto.

Sementara itu, Hasto mendorong ANRI untuk memberikan beasiswa studi tentang kehebatan Nusantara dalam mencari solusi konflik. Pengumpulan arsip sejak zaman Sriwijaya.

Dia mengajak menggali khazanah dengan mempelajari jejak arsip kita sehingga bisa dicapai legitimasi historis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.