Sukses

Keseriusan dan Konsistensi PAN dalam Melestarikan Kesenian Serta Budaya Masyarakat Banten

Keseriusan Partai Amanat Nasional (PAN) dalam melestarikan kebudayaan terus dilakukan. PAN begitu konsisten memberikan perhatian besar terhadap kelestarian seni dan budaya di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Keseriusan Partai Amanat Nasional (PAN) dalam melestarikan kebudayaan terus dilakukan. PAN begitu konsisten memberikan perhatian besar terhadap kelestarian seni dan budaya di Indonesia.

Konsistensi tersebut dirasakan oleh Pembina Padepokan Rajawali Sakti Banten Rohyani Hapendi. Ia menilai, PAN sangat serius melestarikan kesenian budaya di wilayah Banten.

Diketahui, partai berlambang matahari ini melastarikan budaya debus merupakan kesenian tradisional yang terdapat di Provinsi Banten.

"Kesenian debus Banten ini statusnya hampir punah dengan adanya bantuan PAN yang berkomitmen melestarikan budaya, saya sangat berterima kasih banyak," ujar Rohyani melalui keterangan tertulis, Minggu (20/8/2023).

Dia mengatakan, dalam melestarikan budaya, PAN memberikan ruang atau wadah sebesar-besarnya untuk para pelaku kesenian budaya. Hal tersebut, kata Rohyani, menjadi bentuk konkret PAN sebagai upaya melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia.

"PAN menyadari melestarikan kesenian budaya sangat penting bagi bangsa dan negara. Ada pun manfaat dalam hal ini seperti memelihara persatuan dan kesatuan, menambah wawasan bagi bangsa, dan menumbuhkan rasa nasionalisme," papar dia.

Lebih lanjut, Rohyani menambahkan pihaknya sangat berharap kepada PAN untuk terus melanjutkan komitmennya mendukung pelestarian kesenian debus Banten. PAN selama ini sudah terbukti merupakan pihak yang sangat mendukung berbagai upaya pelestarian budaya.

"Kebudayaan Banten ini hampir punah, saya tolong minta bantuannya ke orang-orang PAN ini supaya seni budaya ini diangkat kembali," pungkas Rohyani.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PAN Fokus Tingkatkan Perekonomian Lewat Pemberdayaan UMKM

Sebelumnya, salah satu fokus Partai Amanat Nasional (PAN) dalam menyejahterakan masyarakat adalah dengan meningkatkan perekonomian. Upaya yang ditempuh PAN adalah dengan memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Jember, Abdus Salam Alamsyah mengatakan pihaknya berkomitmen untuk membantu pelaku UMKM. Oleh sebab itu PAN menghadirkan beragam program untuk memajukan UMKM.

"Saya sudah memantapkan diri untuk berkontribusi kepada masyarakat melalui PAN bisa memperjuangkan khususnya pelaku UKM untuk meningkatkan perkonomian di berbagai wilayah," kata Abdus.

Salah satu upayanya dengan menghadirkan sinergi empat pilar UMKM yang digagas oleh Ketum PAN Zulkifli Hasan. Melalui empat pilar tersebut, sejumlah tantangan yang kerap dihadapi UMKM dapat dibantu.

Pilar pertama mendorong UMKM menjadi terbuka terhadap perubahan, inovatif dan punya kemauan berkembang melalui berbagai pelatihan. Pilar kedua adalah membuka sinergi antara lokapasar (marketplace) dengan UMKM.

Pilar ketiga, membangun kemitraan ritel modern dengan agar produk UMKM dapat masuk. Pilar keempat, membantu pemberian akses lembaga pembiayaan atau perbankan kepada pelaku UMKM.

Tujuan utama dari semua langkah tersebut adalah stimulus agar UMKM dapat berkembang dan menyerap tenaga kerja. Dengan begitu, UMKM dapat berkontribusi secara optimal bagi perputaran ekonomi di daerah.

"Jangan sampai ada masyarakat di daerah yang kesulitan ekonomi, dan jangan sampai ada yang bingung mencari kerjaan, karena PAN siap membantu itu semua," ungkapnya.

 

3 dari 3 halaman

PAN Tegaskan Berantas Mafia Perdagangan Manusia

Selain itu, Partai Amanat Nasional menunjukkan ketegasannya untuk membrantas mafia perdagangan manusia. PAN mendorong pemerintah untuk lebih gencar melakukan razia Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

PAN melalui Calon Anggota Legislatif DPR RI PAN Dapil Jakarta II, Surya Utama alias Uya Kuya mengatakan PAN saat ini tengah fokus untuk memberikan solusi atas perdagangan manusia dan mafia tenaga kerja wanita (TKW) ilegal. Hal itu menjadi bukti bahwa PAN sangat memberikan perhatian besar untuk keselamatan masyarakat.

"Sampai sekarang mafia perdagangan orang lagi gua telusuri, karena orang yang mengirimkan menjual warga kita ke luar negeri ditelantarkan, mereka diminta duit Rp 60 sampai Rp 70 juta," kata Uya Kuya, Jumat 18 Agustus 2023.

Terbukti, belakangan ini menurut data Kementerian Luar Negeri (Kemlu) peningkatan jumlah TPPO di Indonesia mencapai 100 persen dengan jumlah 752 kasus di tahun 2022. Jumlah tersebut alami peningkatan dari tahun 2021 yang berjumlah 361 kasus.

Oleh karena itu, PAN sebagai partai yang memiliki visi dan misi 'Gerak Cepat Bantu Rakyat' terus berupaya menangani permasalahan TPPO. Melalui tim PAN yang diberi nama Tim Gercep 12 terus melakukan aksi konkret dalam membantu masyarakat, khususnya yang mengalami masalah di luar negeri.

Tim yang digagas oleh Uya Kuya ini terus melakukan aksi nyata membantu rakyat yang membutuhkan. Seperti aksi pemulangan Warga Negara Indonesia (WNI) yang terlantar di Malaysia ke Tanah Air.

"Saya bersama tim Gercep 121 telah berhasil memulangkan 7 orang TKI asal Malaysia yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia lantaran mereka selama bekerja menjadi korban kekerasan, pemerasan dan penipuan dari majikan maupun agen TKI," ungkap Uya Kuya.

PAN berharap pemerintah terus memperhatikan permasalahan ini yang dapat merugikan masyarakat. Salah satu harapan PAN dengan memperketat izin bagi para TKI yang ingin bekerja di luar negeri dengan tujuan untuk meminimalisir ilegal di negara tujuan kerjanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.