Sukses

5 Momen Menarik Hut ke-78 RI, Iriana Joget Gemu Fa Mi Re hingga Tawa Jokowi Lihat Kopiah Panjang

Tingkah kocak Menteri PUPR Basuki Hadimuljono atau Pak Bas saat upacara HUT RI ke-78 juga tak kalah menuai sorotan. Pak Bas jahili Menteri BUMN Erick Thohir.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Kamis 17 Agustus 2023 kemarin, Indonesia merayakan ulang tahunnya yang ke-78 di berbagai daerah. Perayaan momen penting yang selalu dinantikan masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air. 

Acara yang menampilkan upacara penaikan bendera dan penurunan bendera berlangsung khidmat. Tak ketinggalan berbagai atraksi yang sangat menakjubkan disuguhkan hingga momen HUT ke-78 RI berlangsung meriah. 

Salah satunya saat atraksi helikopter dari TNI Angkatan Udara yang terbang di atas Istana Negara, Jakarta Pusat. Bukan sekedar terbang, enam burung besi itu meliuk-liuk bak menari sambil mengikuti iringan lagu Gemu Fa Mi Re yang berasal dari Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Saat lagu Gemu Fa Mi Re berkumandang, tak sedikit para tamu undangan yang dibuat ikut bergoyang. Salah satunya terlihat dalam video, Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Sesekali, Iriana menggerakkan kepalanya mengikuti irama lagu. Sementara, Presiden Jokowi yang berada di sisinya hanya memperlihatkan senyumnya. 

Sementara itu, berbagai macam pakaian adat yang dikenakan di HUT Kemerdekaan RI kemarin menjadi hiburan tersendiri untuk para tamu undangan. Busana yang digunakan cukup nyentrik dengan ciri khasnya masing-masing. 

Begitu pun dengan pembawa baki saat penaikan dan penurunan bendera merah putih. Keyla Azzahra Purnama dan Lilly Indiani Suparman Wenda sontak menjadi sorotan publik Tanah Air dan menuai pujian masyarakat yang melihatnya.

Salah satunya saat sepatu Lilly Wenda copot usai membawa bendera ke tengah lapangan dan hendak menghadap Presiden Jokowi. 

Berikut sederet momen-momen menarik di perayaan HUT ke-78 RI yang dihimpun dari Liputan6.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Saat Sepatu Pembawa Baki Lilly Indiani Suparman Wenda Copot

Lilly Indiani Suparman Wenda terpilih menjadi pembawa baki pada Upacara peringatan HUT RI di Istana Negara, Jakarta, Kamis 17 Agustus 2023. Kehadiran Lilly Indiani di tim Paskibraka Nasional 2023 sebagai pembawa baki merupakan momen yang bersejarah. 

Sebab, 10 tahun terakhir pembawa baki untuk Upacara Peringatan HUT RI tidak berasal dari Papua. Lilly Indiani harus menghadap Jokowi dengan membawa baki tanpa sepatu di kaki kirinya dikarenakan sepatunya copot. 

Wanita asal Papua Pegunungan itu harus berjalan kembali mengelilingi lapangan upacara tanpa sepatu. Lilly Indiani berhasil bersikap tenang tanpa panik meski kakinya tidak dialasi sepatu hitamnya. 

Lilly Indiani menuai pujian dari warganet yang menyaksikan momen tak di sengaja ini. Karena sepatu hitam Lilly tertinggal di tengah lapangan, Istana Merdeka. 

"Sepatu pembawa baki copot satu. Terus teman-temannya nahan ketawa wkwkwk enggak apa-apa banget sayang kalian sudah keren," tulis seorang warganet.

"Kirain sepatu siapa itu di lapangan Istana, sepatu bakinya copot. Tapi keren tetap senyum enggak panik," kata warganet lain.

 

3 dari 6 halaman

2. Seru, Joget Maumere Bersama Ibu Negara Iriana Jokowi di HUT ke-78 RI

Rangkaian upacara HUT RI ke-78 pada Kamis, 17 Agustus 2023 kemarin diperdengarkan lagu Gemu Fa Mi Re, Maumere. Saat musik diputar, terlihat Ibu Negara Iriana Jokowi ikut bergoyang dari kursinya bersama Presiden Jokowi. 

Senyum lebar diperlihatkan Iriana sambil sesekali menggerakkan kepalanya mengikuti dendang lagu. Sementara, Jokowi yang berada di sisinya hanya memperlihatkan senyum.

Ibu Negara Iriana Jokowi mengepalkan kedua tangannya sambil menggerakkan ke kanan dan ke kiri mengikuti irama lagu. Tak ketinggalan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang ikut menggoyangkan badannya. 

Sri Mulyani dan Retno terlihat berdiri dan bergerak ke kanan dan ke kiri mengikuti irama lagu yang diputarkan. Suasana peringatan HUT RI ke-78 pun terasa sangat meriah saat seluruh pasukan upacara pun ikut bergoyang saat alunan musik didendangkan. 

 

4 dari 6 halaman

3. Menteri BUMN Erick Thohir Dijahili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Tingkah kocak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono atau Pak Bas saat upacara HUT RI ke-78 jadi sorotan. Kejadian ini diunggah di akun Instagram pribadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. 

Saat berada dalam posisi berdiri, terlihat Pak Bas beberapa detik mengamati jas beskap yang dikenakan Erick terutama di bagian perut. Namun, tiba-tiba Pak Bas menyibak baju Erick Thohir yang berada di samping kanannya. 

Erick Thohir dan istrinya pun itu terlihat terkejut dan tertawa dengan kejahilan Pak Bas. Sementara itu, Kartika Nurani istri Pak Basuki sempat terlihat menyolek sang suami karena berbuat jahil.

Dalam keterangan video, Erick menulis, "Kalo Pak Bas diem anteng berarti ada yang salah."

Dalam video itu juga menyematkan tulisan, "Hidup lagi capek-capeknya, eh upacara sebelahan sama Pak Bas."

Selain itu, tingkah kocak Pak Bas juga tampak menggerak-gerakan tangan seolah sedang bermain drum kala musik dimainkan. 

 

5 dari 6 halaman

4. Simbol Cinta Diberikan Ridwan Kamil Saat Penurunan Bendera Merah Putih

Ratusan warga memadati pagar depan Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis 17 Agustus 2023. Pukul 15.15 WIB, kehadiran masyarakat di depan pagar Istana Merdeka Jakarta adalah untuk menyaksikan upacara penurunan bendera dalam momentum kemerdekaan HUT RI ke-78.

“Mau liat upacara penurunan bendera,” kata Rizky salah seorang warga di lokasi, Kamis 17 Agustus 2023 kemarin. 

Terdapat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, salah satu tokoh yang hadir dalam upacara penurunan bendera merah putih di Istana, Kamis kemarin.

Sebelum upacara dimulai, kamera menyorot sejumlah tokoh. Saat itu, Ridwan Kamil yang berkacamata hitam memberikan simbol cinta alias heart ala idol Korea. Dia membentuk kedua tangan dan jarinya, hingga membentuk simbol hati.

Ridwan Kamil atau biasa akrab disapa Kang Emil, lalu tersenyum ke arah kamera yang terproyeksi di layar besar yang ada di lokasi upacara penurunan bendera merah putih.  

6 dari 6 halaman

5. Momen Jokowi Tertawa Geli Melihat Kopiah Panjang Khas Madura

Ricky merupakan salah satu tamu yang memperoleh predikat busana terbaik dan nyentrik dalam Perayaan HUT RI ke-78. Busana Madura yang dikenakan Ricky, yaitu kaos bermotif garis merah putih horizontal dipadukan dengan luaran hitam dan celana hitam.

Ricky mengenakan sebuah kopiah hitam panjang sekitar lebih dari 30 cm dan kacamata hitam yang cukup menarik perhatian tamu undangan.

Saat Ricky maju ke lapangan Istana Merdeka untuk menerima hadiah sepeda, Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi tampak tertawa melihat Ricky. 

Selain Ricky, terdapat sejumlah tamu yang menjadi pemenang kostum terbaik, yakni Azalea dengan pakaian adat Rote, Susanti pakaian adat Lampung, Karlina pakaian adat Jawa Tengah, serta Andrian pakaian adat Alor.

 

Rahma Vania Indriani Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini