Sukses

Tim Indonesia Jaya Bertugas pada Upacara Penurunan Bendera di Istana Merdeka

Tim Indonesia Jaya bersiap menjalankan tugasnya pada Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis (17/8/2023) sore.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Indonesia Jaya bersiap menjalankan tugasnya pada Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT ke-78 RI) di halaman Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis (17/8/2023) sore. 

Adapun Keyla Azzahra Purnama terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih saat nanti diturunkan. Dia merupakan pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) perwakilan dari Provinsi Sumatera Selatan

Tiga orang lainnya dari Tim Indonesia Jaya yang bertugas untuk menurunkan bendera ialah Frans Timothy Prawira Siallagan sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Lampung, Made Guruh Anggara Putra sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Bali, dan Raja Shiam Al Ghiffary Panjiyoga sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, bertindak selaku Komandan Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih adalah Kombes Pol Victor Dean Mackbon. Saat ini, ia menjabat sebagai Kapolresta Jayapura Kota Polda Papua.

Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Pom Herlan Auriza, yang saat ini bertugas sebagai Danunitpom Puspomau.

Brigadir Jenderal TNI Arkamelvi Karmani akan kembali bertindak sebagai Perwira Upacara pada sore hari ini. Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989 yang lahir di Jakarta, 10 Februari 1967.

Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta.

Sementara itu, Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Indonesia Maju bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Tim Indonesia Maju berhasil mengibarkan bendera merah putih. Mereka pun mendapat tepuk tangan dari tamu undangan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Jadi Rebutan Selfie

Jelang upacara penurunan bendera, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi rebutan tamu undangan untuk berfoto bersama ataupun selfie. Jelang upacara, Jokowi memang menyempatkan untuk menyapa para tamu undangan.

Alhasil, para tamu undangan berebut untuk mengabadikan momen tersebut. Tak sedikit pula yang meminta berjabat tangan dengan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Pengamatan Liputan6.com, Jokowi sudah tak lagi mengenakan baju adat seperti di upacara pengibaran bendera merah putih pagi tadi. Kamis (17/8/2023) sore ini, dia mengenakan kemeja biru tua dan celana warna senada, kemeja putih, juga dasi merah.

Sebelumnya, Jokowi mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Solo, Jawa Tengah saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI Jakarta, Kamis (17/8/2023). 

"Presiden Joko Widodo mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng," demikian rilis yang disampaikan Sekretariat Presiden, Kamis (17/8/2023).

Ageman ini dipakai oleh Para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar Soho Tedhak Loji, yang artinya saat dimana Raja keluar dari Keraton dengan menaiki kereta kuda, diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo/masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan Sang Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulonya atau bisa disebut dengan turuba (turun ke bawah).

Jokowi terlihat memakai kemeja putih yang dilapisi jas bewarna hitam. Penampilan Jokowi dilengkapi dengan topi bewarma hitam serta selendang bewarna emas dan kain merah di tuksedo hitam. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.