Sukses

HUT RI ke-78, Polres Jakpus Kerahkan 1.800 Personel Amankan Upacara Penurunan Bendera

Sebanyak 1.800 personel kepolisian dari Polres Metro Jakarta Pusat bakal diterjunkan untuk mengamankan acara penurunan bendera merah putih di Halaman Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 1.800 personel kepolisian dari Polres Metro Jakarta Pusat bakal diterjunkan untuk mengamankan acara penurunan bendera merah putih di Halaman Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

"1.800 personil kita akan bertugas sampai dengan semua rangkaian selesai di Jakarta Pusat," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (17/8/2023).

Adapun upacara penurunan bendera merah putih dijadwalkan berlangsung pukul 17.00 WIB di Istana Merdeka. Menurut Komarudin, rekayasa arus lalu lintas nantinya bakal disesuaikan dengan jumlah masa yang hadir.

"Biasanya akan terjadi sedikit kepadatan pada 1 ataupun 2 jam sebelum acara dimulai karena itu waktu tamu berdatangan. Namun konsepnya sama seperti yang tadi," ucap dia.

Komarudin mengimbau, masyarakat yang hendak menyaksikan rangkaian acara penurunan bendera merah putih untuk memperhatikan kantong-kantong parkir yang sudah disediakan.

"Untuk tamu undangan yg mendapatkan undangan di Tribun Timur kantong parkirnya sudah kita siapkan mulai dari depan MA sampai Mabes Angkatan Darat dan Istiqlal, kemudian sekitaran Lapangan Banteng.

"Kemudian tamu yang ada di sisi Tribun Barat itu juga kita siapkan nanti kita akan berputar melalui Abdul Muis, Budi Kemuliaan dan bisa Parkir di Merdeka Selatan," sambung dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rangkaian Berlangsung Aman dan Tertib

Komarudin menjelaskan, sejauh ini rangakaian acara berlangsung aman dan tertib. Selain itu, pihaknya juga tidak menerima aduan kejahatan jenis apapun dari warga yang hadir mengikuti upacara.

"Sejauh ini Alhamdulillah belum ada ya. Mudah-mudahan sih ga ada ya, mudah-mudahan. Hari kemerdekaan, mudah-mudahan copetnya juga lagi upacara, lagi 17 Agustus-an," ucap Komarudin.

Adapun sebelum penurunan bendera merah putih, bakal ada pertunjukan kesenian khas Indonesia berupa tari dan musik di Silang Monas-Patung Arjuna Wijaya-Jalan Medan Merdeka Barat-Halaman Istana Merdeka pada pukul pukul 15.45 WIB.

Kemudian, juga bakal ada kegiatan Kirab pengembalian Bendera Pusaka ke Cawan Monas pukul 16.30 WIB sampai pukul 17.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.