Sukses

Top 3 News: Sederet Fakta Viral Suara Dentuman Misterius dari Dalam Tanah Rumah Warga di Sumenep

Sekira pukul 09.30 WIB pada Sabtu 12 Agustus 2023, warga Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep, Madura, Jawa Timur digegerkan dengan suara dentuman dari dalam tanah. Itulah top 3 news.

Liputan6.com, Jakarta - Sekira pukul 09.30 WIB pada Sabtu 12 Agustus 2023, warga Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep, Madura, Jawa Timur digegerkan dengan suara dentuman dari dalam tanah. Itulah top 3 news.

Beredar video amatir yang memperlihatkan warga merekam suara dentuman itu viral di media sosial. Seorang warga terlihat merekam suasana desa ketika dentuman tersebut muncul.

Warga pun keluar dari rumah dan mencari sumber suara dentuman. Ternyata, suara misterius itu muncul dari bawah tanah. Seorang warga merekam suara dentuman tersebut.

Demi keamanan, Polres Sumenep, Jawa Timur pun mengungsikan sebanyak lima kepala keluarga (KK) di Desa Moncek Tengah menyusul adanya suara dentuman dari dalam tanah yang ditempati kelima kepala keluarga tersebut dalam beberapa hari terakhir tersebut.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi angkat bicara soal Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang mendeklarasikan dukungan kepada calon presiden (capres) dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Jokowi mengatakan hal itu merupakan urusan partai-partai politik.

Presiden Jokowi menekankan tak ada komunikasi dari Partai Golkar dan PAN, sebelum menyatakan deklarasi dukungan terhadap Prabowo di Pilpres 2024.

Dia menegaskan hal itu merupakan bagian kerja sama partai-partai politik dan tak ada kaitannya dengan dirinya.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Kamaruddin Simanjuntak yang memenuhi panggilan pemeriksaan Bareskrim Polri sebagai tersangka atas kasus dugaan berita bohong alias hoaks. Kasus itu dilaporkan oleh Direktur Utama (Dirut) PT Taspen ANS Kosasih.

Kamaruddin Simanjuntak mempertanyakan status tersangka yang disematkan polisi, sementara dirinya tengah menjalankan tugas sebagai pengacara yang membela klien. Penetapan tersebut pun disebutnya melanggar Undang-Undang Advokat.

Bahkan, Kamaruddin pun merasa diperlakukan secara politis. Pasalnya, pernyataan penetapannya sebagai tersangka muncul bersamaan dengan putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) yang menganulir vonis Ferdy Sambo dari hukuman mati menjadi penjara seumur hidup.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 14 Agustus 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Lima Fakta Terkait Viral Suara Dentuman Misterius dari Dalam Tanah Rumah Warga di Sumenep

Sekira pukul 09.30 WIB pada Sabtu 12 Agustus 2023, warga Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Sumenep, Madura, Jawa Timur digegerkan dengan suara dentuman dari dalam tanah.

Video amatir yang memperlihatkan warga merekam suara dentuman itu pun viral di media sosial. Seorang warga terlihat merekam suasana desa ketika dentuman tersebut muncul.

Warga pun keluar dari rumah dan mencari sumber suara dentuman. Ternyata, suara misterius itu muncul dari bawah tanah. Seorang warga merekam suara dentuman tersebut.

Dalam video itu suara dentuman mirip suara orang menggali tanah atau memecahkan batu. Suara dentuman terdengar beberapa kali dari bawah tanah.

"Bunyi di dalam bumi. Seperti orang menggali sumur. Ada getaran-getaran di dalam bumi," kata seorang warga dalam video yang viral dikutip Senin 14 Agustus 2023.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Jokowi soal Golkar-PAN Dukung Prabowo di Pilpres 2024: Itu Urusan Mereka

Presiden Joko Widodo atau Jokowi angkat bicara soal Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang mendeklarasikan dukungan kepada calon presiden (capres) dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Jokowi mengatakan hal itu merupakan urusan partai-partai politik.

"Ya itu urusannya partai-partai lah. Urusannya Golkar, urusannya PAN, urusannya Gerindra, urusannya PKB. Itu urusannya partai-partai," jelas Jokowi di Istana Negara Jakarta, Senin 14 Agustus 2023.

Dia menekankan tak ada komunikasi dari Partai Golkar dan PAN, sebelum menyatakan deklarasi dukungan terhadap Prabowo di Pilpres 2024.

Jokowi menegaskan hal itu merupakan bagian kerja sama partai-partai politik dan tak ada kaitannya dengan dirinya.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Kamaruddin Simanjuntak Penuhi Panggilan Bareskrim Polri Sebagai Tersangka Hoaks

Kamaruddin Simanjuntak memenuhi panggilan pemeriksaan Bareskrim Polri sebagai tersangka atas kasus dugaan berita bohong alias hoaks yang dilaporkan oleh Direktur Utama (Dirut) PT Taspen ANS Kosasih.

"Saya dipanggil sebagai tersangka ketika menjalankan tugas profesi advokat mendampingi klien saya Rina lauwly dan anaknya," tutur Kamaruddin Simanjuntak di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin 14 Agustus 2023.

Kamaruddin mempertanyakan status tersangka yang disematkan polisi, sementara dirinya tengah menjalankan tugas sebagai pengacara yang membela klien. Penetapan tersebut pun disebutnya melanggar Undang-Undang Advokat.

"Saya minta pertanggungjawaban daripada Karo Bareskrim sama Adi Vivid (Dirtipidsiber Bareskrim Polri) kenapa dijadikan saya tersangka dalam hal membela klien. Bukankah Pasal 16 UU Advokat mengatakan bahwa advokat sepanjang melakukan tugasnya tidak boleh diperiksa," jelas dia.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.