Sukses

Profil Paiman Raharjo, Rektor Universitas Moestopo yang Dilantik Jokowi Jadi Wamendes PDTT

Paiman merupakan seorang Rektor sekaligus Guru Besar Administrasi Publik di Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama (UPDMB) yang dilantik untuk periode 2022 hingga 2027 di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah melantik Paiman Raharjo sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT). Paiman menggantikan posisi Budi Arie Setiadi yang kini menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Mengutip AntaraNews, Paiman merupakan seorang Rektor sekaligus Guru Besar Administrasi Publik di Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama (UPDMB) yang dilantik untuk periode 2022 hingga 2027 di Jakarta.

Paiman menyelesaikan pendidikan SLTA di Jakarta pada 1989. Lalu, pria kelahiran Klaten, 15 Juni 1967 ini melanjutkan pendidikan S1 administrasi pada 1994 di Universitas Moestopo.

Kemudian, Paiman menempuh pendidikan S2 Ilmu Administrasi Ekonomi di kampus yang sama dan menempuh S3 di Ilmu Administrasi Universitas Padjadjaran.

Dia pernah menjabat sebagai Komisaris PT Food Station Tjipinang Jaya. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Komisaris Independen PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dan pada tahun 2015 hingga saat ini ia menjabat komisaris di PGN.

Untuk diketahui, Paiman telah resmi menjabat sebagai Wamendes PDTT usai dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta.

Pelantikan tersebut berdasarkan pada Keppres Nomor 32 M tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju.

Jokowi juga melantik Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (ProJo) sekaligus Wakil Menteri Desa Pembagunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi menjadi Menkominfo. Dia menggantikan posisi Johnny G. Plate yang menjadi tersangka kasus korupsi Base Transceiver Station (BTS) 4G.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rombak Jabatan Wakil Menteri

Selain Menkominfo, Jokowi juga merombak beberapa jabatan wakil menteri. mantan wartawan Nezar Patria dilantik sebagai Wamenkominfo. Dia saat ini menjabat sebagai Staf Khusus V Menteri BUMN.

Selanjutnya, Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury ditunjuk menjadi Wakil Menteri Luar Negeri. Posisi Pahala digantikan oleh pengusaha sekaligus Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS), Rosan Roeslani.

Lalu, Jokowi melantik Ketua DPW PPP DKI Jakarta Saiful Rahmat Dasuki menjadi Wakil Menteri Agama (Wamenag).

 

Reporter: Miranda Pratiwi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.