Sukses

Emas 180 Gram yang Dipamerkan Jemaah Haji Makassar Ternyata Imitasi, Harganya Rp 900 Ribu

Bea Cukai rupanya juga telah mendatangi rumah jemaah haji asal Makassar, Suarnati Daeng Kanang dan mencocokkan emas palsu dengan video yang viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Jemaah haji Makassar Suarnati Daeng Kanang (46) tampil glamour dan cetar dengan memamerkan emas 180 gram saat pulang haji viral di media sosial. Namun, emas yang dibawa oleh Suarnati rupanya merupakan barang imitasi atau emas palsu

"Berdasarkan penelitian kami, barang tersebut sudah kami koordinasikan dengan pegadaian. Dari pegadaian menyimpulkan bahwa barang tersebut bukan emas, begitu hasilnya. Kemungkinan seperti itu (imitasi)," ungkap Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Makassar Ria Novika Sari di Makassar, Senin, (10/7/2023).

Bea Cukai rupanya juga telah mendatangi rumah Suarnati untuk melakukan konfirmasi. Suarnati pun menunjukkan emas yang dia bawa saat pulang dari haji dan mencocokkannya dengan video yang viral di media sosial. 

"Dan memang kesimpulan kami adalah itu barang atau perhiasan yang sama pada saat dia datang dari Jeddah menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar," paparnya.

Suarnati pun mengakui bahwa emas tersebut ia beli di Arab Saudi dengan harga Rp 900.000. 

"Bersangkutan menyampaikan bahwa memang benar barang itu dibeli dari luar negeri dan imitasi kurang lebih harganya sekitar Rp 900.000, jadi di bawah satu juta," katanya seperti dikutip dari Antara.

Sehingga, kata Ria, Suarnati tak dibebani bea cukai saat masuk ke Indonesia. Sebab dalam ketentuan, jika harga barang di bawah 500 Dolar Amerika, maka akan diberikan pembebasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor, jadi bebas pajak.

"Iya, karena memang barangnya. Bukan emas, jadi nilainya mungkin tidak sampai ratusan juta, tidak lebih dari 500 Dolar Amerika gitu," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pamer Emas Usai Pulang Haji

Jemaah Haji asal Makassar, Sulsel, Suarnati viral di media sosial usai memamerkan sejumlah emas di tubuhnya setelah mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Kabupaten Maros pada Rabu (5/7/2023) untuk kloter pertama sepulang melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

Jemaah Haji perempuan ini ketahui pengusaha makanan yang aksinya kemudian di rekam dan videonya viral di media sosial hingga akhirnya berurusan dengan Bea Cukai untuk diperiksa berkaitan barang mewah bawaannya.

Selain Suarnati, Jemaah Haji lainnya Mira Hayati asal Makassar, Sulsel, juga membawa pulang emas seberat satu kilogram yang dibelinya di tanah suci. Emas itu dibeli dengan alasan untuk oleh-oleh keluarganya di Makassar, pembelian emas itu diperkirakan Rp1 miliar lebih.

Pengusaha skin care atau cream kecantikan ini juga bakal diperiksa dan dikonfirmasi Bea Cukai di Jakarta terkait Bea Masuk melebihi ketentuan karena mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.