Sukses

Top 3 News: Sederet Fakta Cak Nun Dilarikan ke Rumah Sakit di Sleman Yogyakarta

Budayawan sekaligus sastrawan Emha Ainun Nadjib atau yang akrab disapa Cak Nun dikabarkan dilarikan ke rumah sakit pada Kamis 6 Juli 2023. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Budayawan sekaligus sastrawan Emha Ainun Nadjib atau yang akrab disapa Cak Nun dikabarkan dilarikan ke rumah sakit pada Kamis 6 Juli 2023. Itulah top 3 news hari ini.

Cak Nun dikabarkan masuk ke rumah sakit akibat pendarahan otak. Kabar tersebut pertama kali tersebar di grup WhatsApp Jamaah Maiyah.

Dokter Eddot, yang juga kawan dari Cak Nun saat dihubungi Liputan6.com, Kamis sore 6 Juli 2023, membenarkan kabar Cak Nun masuk rumah sakit. Meski demikian, dirinya tidak merinci kondisi Cak Nun secara detail.

Kemudian, menurut Sekretaris pribadi Cak Nun, Nur Janis Langgabuana, kondisi Cak Nun sudah semakin membaik setelah mendapat penanganan di rumah sakit.

Sementara itu, Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto hadir di rapat kerja nasional (Rakernas) Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) Marga Simbolon 2023 pada Jumat 7 Juli 2023. Dia mengaku hadir atas undangan langsung Ketua Umum PSBI Effendi Simbolon.

Saat memberikan sambutan, Prabowo mengaku baru diundang dua hari yang lalu oleh Effendi Simbolon. Padahal, kata Prabowo, biasanya dia selalu menyusun jadwal rutin sejak dua minggu sebelum kegiatan.

Lantas, Prabowo pun berseloroh bahwa ia berteman baik dengan Effendi di luar urusan politik. Namun, Prabowo mengakui di Komisi 1 DPR RI Effendi Simbolon terkenal paling galak padanya.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memastikan tengah mendalami keterlibatan Ernie Meike Torondek, ibu dari Mario Dandy.

Pendalaman tersebut terkait kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) sang suami yang juga mantan pejabat pajak, Rafael Alun Trisambodo.

Plh Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu menyebut akan mengumumkan ke publik jika Ernie Meike Torondek sudah menjadi tersangka.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat 7 Juli 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tiga Fakta Cak Nun Dilarikan ke Rumah Sakit di Sleman Yogyakarta, Alami Pendarahan Otak

Pada Kamis 6 Juli 2023, budayawan sekaligus sastrawan Emha Ainun Nadjib atau yang akrab disapa Cak Nun dikabarkan dilarikan ke rumah sakit.

Cak Nun dikabarkan masuk ke rumah sakit akibat pendarahan otak. Kabar tersebut pertama kali tersebar di grup WhatsApp Jamaah Maiyah.

"Mohon doanya teman-teman, Cak Nun gak sadarkan diri dirawat di RS Sarjito ada pendarahan otak. Sungguh mohon keikhlasan doa dari teman-teman semua," tulis pesan tersebut.

Dokter Eddot, yang juga kawan dari Cak Nun saat dihubungi Liputan6.com, Kamis sore 6 Juli 2023, membenarkan kabar Cak Nun masuk rumah sakit. Meski demikian, dirinya tidak merinci kondisi Cak Nun secara detail.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Prabowo: Saya Kalau Masuk Komisi I DPR Stres Lihat Effendi Simbolon, Jangan Galak-Galak Pak

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto hadir di rapat kerja nasional (Rakernas) Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) Marga Simbolon 2023. Dia mengaku hadir atas undangan langsung Ketua Umum PSBI Effendi Simbolon.

Saat memberikan sambutan, Prabowo mengaku baru diundang dua hari yang lalu oleh Effendi. Padahal, kata Prabowo, biasanya dia selalu menyusun jadwal rutin sejak dua minggu sebelum kegiatan.

Lantas, Prabowo pun berseloroh bahwa ia berteman baik dengan Effendi di luar urusan politik. Namun, Prabowo mengakui di Komisi 1 DPR RI Effendi Simbolon terkenal paling galak padanya.

"Saudara-saudara sekalian ini yang ngundang itu namanya Effendi Simbolon, ini dibilang kawan ya kawan, tapi di komisi 1 ini termasuk yang paling galak beliau ini," kata Prabowo di Kawasan Jakarta Pusat, Jumat 7 Juli 2023.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Ibu Mario Dandy Diduga Terlibat TPPU Rafael Alun, KPK: Kalau Jadi Tersangka Kami Umumkan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan tengah mendalami keterlibatan Ernie Meike Torondek, ibu dari Mario Dandy, dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) sang suami yang juga mantan pejabat pajak, Rafael Alun Trisambodo.

Plh Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu menyebut akan mengumumkan ke publik jika Ernie sudah menjadi tersangka.

"Nanti kalau jadi tersangka, nanti kita umumkan. Ya kita lihat seperti apa perbuatan-perbuatannya, ya di dalam rangkaian TPPU itu. Kan di Pasal 3 TPPU aktif, Pasal 4, 5 kan TPPU pasif," ujar Asep dalam keterangannya, Jumat 7 Juli 2023.

Asep mengatakan, dalam pasal TPPU dijelaskan adanya perbuataan mencuci uang secara aktif dan pasif. Asep memastikan keduanya perbuatan tersebut bisa dijerat oleh lembaga antirasuah, termasuk Ernie Meike Torondek jika terbukti turut serta bersama Rafael menyembunyikan harta hasil korupsi.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.