Sukses

Bakal Dicek FIFA, JIS Akan Disediakan Lahan Parkir Seluas 5.000 Meter

Sebelumnya, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan masih menunggu FIFA mengecek kelayakan JIS sebagai lokasi Piala Dunia U-17.

Liputan6.com, Jakarta DKI Jakarta akan menyediakan lahan parkir seluas 5.000 meter di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. Lahan ini disediakan lantaran Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) akan mengecek kelayakan JIS sebagai lokasi Piala Dunia U-17.

"Di ujung timur itu sekitar 5.000 meter persegi kita manfaatkan untuk parkir melalui pola kerja sama," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa, (4/7/2023).

Syafrin menyebut sebelumnya sudah ada kerja sama dengan Ancol dan Kemayoran untuk penyediaan lahan parkir di kawasan JIS sebagaimana dilakukan seperti acara-acara sebelumnya.

"Untuk lokasi parkir itu, kami juga kerja sama dengan Parkir C Kemayoran, juga di Ancol, juga di beberapa titik di kawasan JIS, apakah itu Jalan Danau Sunter Barat kemudian di Jalan Sunter Permai. Itu juga di sana ada beberapa titik dan kemudian disiapkan bus antar-jemput (shuttle)," ujar Syafrin, seperti dikutip dari Antara.

Sebelumnya, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan masih menunggu FIFA mengecek kelayakan JIS sebagai lokasi Piala Dunia U-17.

"FIFA nanti datang memeriksa stadion mana yang memang sesuai standar mereka, itu pertama. Kedua, sebelum FIFA datang kita akan lakukan pengecekan, ya kita lihat dulu," kata Erick Thohir.

Erick menyebut belum akan melakukan renovasi di JIS sebelum FIFA melakukan pengecekan. "Belum (akan direnovasi), kita lihat dulu, masa main renovasi saja kita belum tahu? Kita tunggu FIFA datang lalu FIFA memutuskan di lapangan mana yang sesuai, sebelum FIFA datang, kita mengecek lapangan jadi bukan dibilang 'tidak ada renovasi', bukan begitu," tambah Erick.

Apalagi menurut Erick, pemerintah berencana merenovasi 22 stadion bola di Indonesia. "Jadi jangan terfokus ke satu atau dua stadion saja," ucap Erick.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Heru Budi dan Erick Thohir Tinjau JIS Sebelum Direnovasi Hari Ini

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan meninjau Jakarta International Stadium (JIS) pada Selasa (4/7/2023) ini. Heru bakal memantau kondisi stadion di Jakarta Utara itu  sebelum diperbaiki setelah menjadi opsi venue Piala Dunia U-17.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) ini, akan meninjau JIS bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Ketua Umum PSSI sekaligus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Dilihat Liputan6.com, peninjauan ke JIS oleh Heru Budi bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara RI Erick Thohir dan Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono dijadwalkan pada pukul 10.00 WIB.

"Saya dengan Menteri PUPR, dengan Menteri BUMN untuk ngecek," ujar Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 3 Juli 2023.

Heru menyampaikan, renovasi JIS bakal dilakukan untuk menyesuaikan agar stadion itu sesuai dengan standarisasi FIFA untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Menurut Heru, akses keluar masuk JIS bakal menjadi perhatian untuk kemudian apakah bakal diputuskan penambahan.

"Kalau akses stadion kan sudah ada dari parkiran. Akses tambahan keluar penonton ya (tempat) keluar mobil. Akses sekarang dua pintu, kita minta FIFA untuk ngecek itu akses lainnya harus ada belakang samping, apa dari samping atau dari danaunya," ungkap Heru.

Kendati demikian, Heru belum mau membeberkan secara rinci apa saja aspek yang bakal direnovasi. Oleh sebab itu, kata dia peninjauan akan dilakukan untuk selanjutnya proses renovasi diserahkan kepada ahli.

"Kalau saya kan tidak tahu bukan ahlinya tidak tahu biar ahlinya," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini