Sukses

Gedung DPR Disebut Kandang Tikus di Google Maps, Begini Reaksi Anggota Dewan

Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI diubah namanya dalam Google Maps. Nama-nama seperti gedung korupsi, peternakan tikus, perkumpulan tikus berdasi hingga kantor petugas partai, muncul di Google Maps.

Liputan6.com, Jakarta Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI diubah namanya dalam Google Maps. Nama-nama seperti gedung korupsi, peternakan tikus, kandang tikus, perkumpulan tikus berdasi hingga kantor petugas partai, muncul di Google Maps.

Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dave Laksono santai menanggapi hal itu. Menurut Dave, penyebutan nama-nama itu menjadi koreksi bagi anggota dewan untuk memperbaiki diri. Sehingga tidak lagi disebut sebagai peternakan tikus, kandang tikus atau nama-nama buruk lainnya.

"Jadi jangan kita menganggap itu sesuatu yang merendahkan atau menghinakan. Tapi justru ini menjadi koreksi untuk kita lebih memperbaiki diri melayakan kita dalam kita menyuarakan apa yang menjadi kendala permasalahan," kata Dave di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/7/2023).

Dave menilai tidak perlu juga nama-nama tersebut diminta diubah kepada Google, karena hanya akan memperburuk citra DPR. Justru anggota dewan harus membuktikan diri tidak seperti yang disebut itu.

"Begini, kalau misalnya apa, kita minta Google cabut satu-satu justru akhirnya akan lebih jelek dari pada kita. Jadi kita jawab dengan hasil kerja," ujar Dave.

Viral di media sosial beredarnya foto-foto tangkapan layar Google Maps Gedung DPR RI di Jakarta. Alasannya sejumlah nama disematkan menuai perhatian publik.

Beberapa nama disematkan seperti gedung korupsi, peternakan tikus, kandang tikus, perkumpulan tikus berdasi hingga kantor petugas partai.

Berdasarkan penelusuran, penamaan itu akan tampak saat kita melakukan zoom di Gedung Kura-Kura DPR. Sementara saat dari tampilan awal Google Maps tidak akan tampak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Netizen Senang DPR Disebut Kandang Tikus

Tangkapan layar di Google Maps ini diunggah oleh akun Twitter @recehtapisayng. Dalam postingan tersebut, netizen ramai berkomentar.

"Kok gue seneng yah lihat ginian doang. Langsung full senyum selebar-lebarnya. Dan gue berharap itu para tikus-tikusnya sih tahu tentang ini," tulis akun Twitter @tttiiiccceee.

"Bahaya, takutnya besok-besok bangun tidur udah di kantor polisi," tulis akun @hideronin.

"Harusnya ada yang pakek bahasa Inggris, biar orang luar tau juga," tulis akun @shiroi_28.

Meski banyak yang berhasil menemukan perubahan nama gedung di kompleks DPR RI, namun tak sedikit juga netizen mengaku tidak menemukan perubahan nama yang dimaksud.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.