Sukses

PPP: Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan Tidak Bahas Koalisi saat Bertemu di Arab Ketika Ibadah Haji

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menyebut, bakal calon presiden (capres) PDIP Ganjar Pranowo dan bakal Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan tidak membahas koalisi saat bertemu di Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menyebut, bakal calon presiden (capres) PDIP Ganjar Pranowo dan bakal Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan tidak membahas koalisi saat bertemu di Arab Saudi.

Sebab, menurut Awiek, sapaan akrabnya, keduanya fokus untuk menunaikan ibadah haji.

"Pasti ngobrolnya soal ibadah soal kabar soal tanah suci soal mendoakan Indonesia yang jelas tidak akan ngomong koalisi," ujar Awiek di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/6/2023).

Dia menilai, pesan yang ingin disampaikan pada pertemuan Ganjar dan Anies adalah supaya kompetisi Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 lebih damai.

Awiek mengatakan, Anies Baswedan dan Ganjar mendoakan agar Indonesia adem ayem di Pemilu 2024.

"Silahkan berkompetisi tapi jangan sampai overdosis. Bahwa perbedaan pendapat perbedaan politik hal yang biasa," ucap dia.

"Tetapi jangan mengorbankan persaudaraan sesama satu bangsa satu agama apalagi. Itu saja pesan yang kami tangkap dalam foto yang diambil beredar di sejumlah media sosial," pungkas wakil ketua Baleg DPR RI ini.

Sebelumnya, beredar foto bacapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo bertemu saat melaksanakan ibadah haji.

Foto tersebut diunggah di akun instagram pribadi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa @suharsomonoarfa.

Dalam foto tersebut, tampak Anies dan Ganjar memakai baju ihram di sebuah ruang tempat makan. Bukan cuma Anies dan Ganjar, Suharso Monoarfa juga hadir di tengah mereka.

Terlihat, Anies bergandengan tangan dengan sang istri sambil berdiri yakni Fery Farhati Ganis. Sedangkan, sebelah kanan Anies ada Suharso.

Ganjar terlihat duduk bersama istrinya Siti Atiqoh Supriyanti yang memakai baju jubah warna hitam. Sementara, sebelah istri Ganjar ada seorang wanita juga duduk memakai baju putih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata Partai Demokrat

Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menilai, pertemuan antara bakal calon presiden (bacapres) PDIP Ganjar Pranowo dengan bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan di Mina, Arab Saudi dinilai sebagai hal baik.

"Alhamdulillah. Bagus ini antar bacapres bertemu. Silaturahmi. Komunikasi. Apalagi di tanah suci. Semoga pertemuan ini bisa membawa manfaat dan kebaikan untuk negeri ini," ujar Herzaky pada wartawan, Selasa (27/6/2023).

Menurut Herzaky, berbeda pandangan politik bukan berarti tidak dapat bersilahturahmi dan bermusuhan.

"Pengingat kalau berbeda pilihan, bukan berarti harus bermusuhan dan tidak berkomunikasi. Semoga bisa menjadi teladan bagi masyarakat di akar rumput. Inilah semangat yang dibawa oleh Koalisi Perubahan," pungkas Herzaky.

 

3 dari 3 halaman

Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Bertemu Saat Haji, PKS: Beri Pesan Baik untuk Pilpres

Bakal calon presiden (bacapres) PDIP Ganjar Pranowo bertemu dengan bakal capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan di Mina, Arab Saudi.

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera atau PKS Al Muzammil Yusuf membenarkan foto yang beredar saat Anies, Ganjar, dan Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa berfoto bersama di tempat makan. Ketiganya mengenakan kain ihram putih dan tersenyum.

Pada foto itu tampak juga istri dari Ganjar, Siti Atiqoh, dan istri Anies, yakni Fery Farhati.

“Foto itu benar, Alhamdulillah memberi pesan yang baik untuk pilpres ke depan,” kata Muzammil saat dikonfirmasi, Selasa (27/6/2023).

Muzammil menyebut foto itu membawa pesan baik bahwa meski ada perbedaan pandangan politik, rasa persaudaraan tetap ada.

“Di tengah perbedaan koalisi tetap ada persaudaraan sesama anak bangsa. Kita doakan yang terbaik untuk para calon pemimpin negara kita ke depan. Amiin,” kata Muzammil.

Selain itu, Muzammil juga berharap simbol haji bisa membawa pesan agar Pemilu 2024 berlangsung bersih.

“Simbol haji yang putih suci juga memberikan pesan baik untuk penyelenggaraan pemilu luber dan jurdil,” pungkasnya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.