Sukses

Jadi Opsi Venue Piala Dunia U-17, Erick Thohir Ungkap Sejumlah Kekurangan JIS

Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan meninjau ulang kelayakan Jakarta International Stadium (JIS) untuk menjadi venue Piala Dunia U-17 yang akan digelar di Indonesia pada November-Desember 2023.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan meninjau ulang kelayakan Jakarta International Stadium (JIS) untuk menjadi venue Piala Dunia U-17 yang akan digelar di Indonesia pada November-Desember 2023. Menurut dia, FIFA juga akan melihat kondisi JIS apakah sesuai standarisasi untuk menjadi venue Piala Dunia 2023.

"Saya sangat terbuka arahan Bapak Presiden untuk melihat juga beberapa stadion yang memang standarisasinya sudah bisa, tetapi itu yang saya sampaikan kepada Bapak Presiden," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/6/2023).

"Tentu FIFA akan meninjau ulang karena jangan sampai nanti stadion yang kita usulkan tentu tidak sesuai dengan standarisasi, termasuk tadi stadion JIS pasti kita akan cek," sambungnya.

Kendati begitu, dia menyampaikan ada beberapa catatan FIFA saat meninjau JIS menjadi opsi venue Piala Dunia U-20. Erick mengungkapkan JIS memiliki kendala di parkir dan akses penonton yang terbatas.

"Yang pasti menjadi catatan kemarin kendalanya itu parkir sama akses penonton. Yang harusnya ada 4 pintu, baru terbuka satu pintu," ujarnya.

Erick menekankan pentingnya akses penonton sebab menyangkut keselamatan suporter. Untuk itu, dia akan melakukan peninjauan ke JIS guna memastikan bagaimana akses penonton.

"Ini yang tentu harus kita antisipasi keselamatan daripada suporter. Jangan sampai suporter tidak pulang ke rumah dengan selamat. Akses-akses ini yang harus dipastikan, tidak mungkin hanya satu pintu. Ini yang harus kita tinjau di lapangan," jelasnya.

Laporan dari Heru Budi soal Kondisi JIS

Menteri BUMN itu menyampaikan dirinya sudah menerima laporan dari Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono soal kondisi JIS. Nantinya, Erick bersama Heru dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan mengecek langsung untuk melihat hal-hal yang akan dilengkapi.

"Saya yakin tidak mungkin FIFA tidak bilang standarnya tidak masuk karena sesuatu hal yang politis, tidak. Tetapi memang standard-nya harus diselaraskan, itu yang kita lakukan," tutur Erick.

Selain akses penonton, Erick menyampaikan masalah rumput di JIS saat itu menjadi kendala yang disampaikan FIFA. Dia akan mengecek langsung rumput yang ada di JIS saat ini.

"Kendala lain yang jadi prioritas FIFA itu rumput. Kemarin di kejuaraan sebelumnya aja rumputnya dijahit. Nah enggak tau ini dijahit juga atau tidak. Saya tidak tahu, nanti kita cek," pungkas Erick.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Akan Cari Solusi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan akan mencari solusi terkait bentroknya jadwal penyelenggaraan Piala Dunia U-17 dan konser grup band Coldpay di Indonesia. Adapun Coldplay akan menggelar konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada 15 November 2023.

Sementara itu, FIFA U-17 World Cup 2023 akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang. Jokowi menekankan bahwa Indonesia memiliki banyak stadion yang sudah siap digunakan untuk pertandingan sepak bola.

"Ya nanti kan dicarikan solusi. Stadion kita kan juga bukan hanya GBK. Yang lain kan ada, ada JIS kan ada," kata Jokowi kepada wartawan usai meninjau Pasar Palmerah Jakarta, Senin (26/6/2023).

"Ada di Manahan (Solo), ada. Ada di Jalak Harupat (Bandung) ada. Banyak. Ada di Surabaya, Stadion Bung Tomo ada juga. Wong stadion kita nih banyak kok yang sudah siap," sambungnya.

Disisi lain, dia menyampaikan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17, merupakan sebuah kepercayaan yang diberikan oleh FIFA. Jokowi pun memerintahkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir mempersiapkan penyelengaraan Piala Dunia U-17 dengan matang.

"Itu kepercayaan yang diberikan Internasional, Kepercayaan yang diberikan FIFA kepada Indonesia. Saya sudah perintahkan kepada ketua PSSI untuk betul-betul disiapkan betul," jelas dia.

"Kalau venuenya kan memang sudah ada dari yang kemarin sudah kita perbaiki, artinya tinggal digunakan, tetapi manejemen semuanya harus disiapkan betul," imbuh Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini