Sukses

Bertemu Bupati se-Indonesia, Ganjar Tekankan Pentingnya Harmonisasi Saat Kelola Daerah

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bertemu Bupati se-Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Jateng, Kamis (22/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bertemu Bupati se-Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Jateng, Kamis (22/6/2023).

Dalam rangkaian acara HUT APKASI ke-23 yang turut dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian itu, Ganjar turut membagikan pengalamannya mengelola daerah. Terutama saat bersinergi dengan 35 Bupati/Wali Kota selama dua periode mimimpin Jateng.

Pada pemaparannya, dia menekankan pentingnya sinkronisasi antar organisasi pemerintahan, baik di Pemrov maupun Pemda atau kolaborasi keduanya. Hal ini penting untuk mewujudkan harmonisasi daerah.

“Maka rasa-rasanya dari APKASI sudah bagus mengevaluasi itu, berbagi pengalaman, berbagi cerita, dan penting kiranya sinkronisasi, harmonisasinya,” kata Ganjar.

Menurut dia, ada momentum krusial bagi pengelola daerah untuk menciptakan harmonisasi. Salah satunya setelah pergantian kepemimpinan atau kepengurusan usai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Kalau tahun depan kita bisa menyelenggarakan pemilihan umum, baik Pilpres, legislatif, kepala daerah, maupun DPRD-nya bagus, maka tahun 2024 menjadi momentum yang baik untuk melakukan sinkronisasi, harmonisasi,” tutur Ganjar.

Dengan sinkronisasi dan harmonisasi yang berjalan baik di pemerintahan, kata Ganjar, pengelola daerah akan tahu program-program prioritas yang penting dijalankan sampai ke tingkat kelurahan hingga RT/RW.

Selain tahu, kata Ganjar, seluruh jajaran di bawah pengelola daerah juga akan menjalankan program-program tersebut secara bersama.

“Tentu saja akhirnya nanti kita akan lebih tahu bagaimana program yang ada di Kabupaten dan Kota itu semua yang sifatnya prioritas akan sama,” kata Ganjar Pranowo.

“Dukungan di tingkat provinsi seperti apa, dukungan dari pusat seperti apa. Sehingga menjadi target nasional bahkan dalam rampak barisan yang sama dengan penyelenggaraan,” sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinkronisasi dan Harmoni Antar Pengelola Daerah

Ganjar berharap, sinkronisasi dan harmonisasi antar pengelola daerah bisa mewujudkan kesejahteraan wilayah. Sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

“Mudah-mudahan dari APKASI yang sudah 23 tahun itu betul-betul bisa menceritakan pengalaman-pengalaman baik dari Bupati yang bisa menjadi kepala daerah itu betul-betul bisa mensejahterakan wilayahnya,” pungkas Ganjar.

Sebagai informasi, selama dua periode memimpin Jateng Ganjar dikenal sebagai kepala daerah yang berupaya menyelenggarakan pemerintahan sebaik-baiknya.

Ganjar pun membawa Jateng meraih penghargaan Provinsi dengan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Terbaik Nasional Tahun 2023 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Jateng meraih skor 3,714 dengan status kinerja pemerintah daerah tertinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.