Sukses

Satgas Pangan Polri Pantau Kenaikan Harga Cabai dan Telur Jelang Idul Adha

Satgas Pangan Polri tengah memantau kenaikan harga komoditas cabai dan telur jelang Hari Raya Idul Adha 1444 H yang jatuh pada tanggal 29 Juni 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Satgas Pangan Polri tengah memantau kenaikan harga komoditas cabai dan telur jelang Hari Raya Idul Adha 1444 H yang jatuh pada tanggal 29 Juni 2023. Sejauh ini, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi hal tersebut.

“Bahwa saat ini harga telur ayam dipengaruhi dengan biaya produksi dan operasional dari peternak telur ayam,” tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (20/6/2023).

Sementara untuk harga cabai merah, lanjut Ahmad, di beberapa daerah terpantau telah melewati masa panen raya. Adapun harga rata-rata nasional cabai rawit diawal Juni 2023 sempat berada di angka Rp44.780 per kilogram, atau di bawah harga acuan yakni Rp57 ribu ler kilogram.

“Untuk cabai merah keriting harga rata-rata nasional saat ini Rp39.037 per kilogram dan masih di bawah harga acuan yakni Rp55 ribu per kilogram,” jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Operasi Pasar

Menurut Ahmad, upaya Satgas Pangan Polri antara lain melakukan operasi pasar dalam rangka mengawasi ketersediaan cabai dan telur, serta melakukan pemantauan di beberapa sentra produksi peternakan telur ayam.

“Seperti di Kabupaten Blitar harga di level peternak sebesar Rp25.500 hingga Rp26 ribu per kilogram. Untuk stok ketersediaan lainnya saat ini masih mencukupi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi hari besar keagamaan atau Idul Adha,” Ahmad menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.