Sukses

Prabowo Subianto Sampaikan Hal Penting ke Presiden Jokowi saat Makan Siang di Istana Bogor, Bahas Pilpres 2024?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto makan siang bersama di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat pada Minggu, 18 Juni 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto makan siang bersama di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat pada Minggu, 18 Juni 2023.

Presiden Jokowi mengungkapkan Prabowo meminta bertemu dengannya karena ada hal penting yang ingin disampaikan.

"Kemarin karena memang Pak Prabowo ingin ketemu dan ingin menyampaikan sesuatu yang penting," ujar Jokowi kepada wartawan usai meninjau Smelter Freeport di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa (20/6/2023).

Oleh karenanya, dia menerima Ketua Umum Partai Gerindra itu di Istana Bogor. Jokowi pun menekankan dirinya tak bersantai-santai, meski di akhir pekan.

"Ya hari Minggu jangan dipikir saya tidur hari Minggu. Jadi saya terima, saya terima, saya terima. Karena jamnya pas jam 1 (siang) ya," ucap dia.

Jokowi tak mau menjelaskan secara rinci apa saja yang dibahasnya dengan Prabowo. Saat ditanya apakah ada pembahasan Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024, dia mengakui membahas politik dengan Prabowo.

"Ya utamanya soal politik, saya bicara apa adanya," kata dia.

Disisi lain, Jokowi menjelaskan dirinya kerap bertemu dengan para menteri baik di hari kerja maupun akhir pekan. Tak hanya Prabowo, Jokowi mengungkap dirinya juga makan bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Airlangga Hartarto.

"Sebelumnya kan saya juga makan dengan Pak Ganjar Pranowo. Sebelumnya saya juga makan dengan Pak Erick juga. Biasa, sering juga makan malam, makan siang dengan Pak Luhut juga sering. Cuman enggak diunggah," ungkap Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menhan Prabowo Subianto Unggah Momen Makan Siang bersama Presiden Jokowi

Sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Prabowo Subianto pun mengunggah potret kebersamaan mereka di akun Instagramnya, @prabowo, Minggu malam 18 Juni 2023.

Ada dua foto yang diunggah bakal calon presiden (capres) Partai Gerindra tersebut.

Foto yang diunggah sekitar pukul 20.30 WIB itu memperlihatkan Prabowo dan Jokowi sedang makan siang bersama. Ada berbagai lauk, kerupuk, dan buah-buahan terhidang di depan mereka. Hidangan tersebut dilengkapi dengan kelapa muda segar.

Unggahan itu, pada pukul 21.32 WIB mendapat 14.518 likes dari netizen.

Prabowo hanya menuliskan, "Istana Bogor" pada captionnya. Tidak ada keterangan kapan pertemuan itu dilakukan.

 

3 dari 4 halaman

Jokowi-Prabowo Subianto Kian Akrab, Puan Maharani: Saya Juga Dekat dengan Pak Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali terlihat akrab dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat menonton laga Timnas Indonesia vs Argentina FIFA Matchday.

Ditanya soal intensnya pertemuan Prabowo dan Jokowi terkait restu Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyatakan dirinya juga intens berhubungan dengan Jokowi, bahkan juga ikut nonton laga tersebut bersama orang nomor 1 di Indonesia itu.

"Kemarin saya ketemu Pak Jokowi juga, nonton bola juga sama Pak Jokowi, jadi saya enggak dianggap intens?" kata Puan Maharani di kompleks parlemen Senayan, Selasa (20/6/2023).

Menurut Puan, kedekatan Jokowi-Prabowo sebagai bentuk restu di Pilpres. Ia justru menyebut dirinya tak kalah intens dengan Jokowi.

"Enggak. Saya merasa dekat sama Pak Jokowi. Buktinya, menurut saya, setiap acara yang saya hadir dengan Pak Jokowi, Pak Jokowi juga akrab sama saya. Saya juga foto kemarin sama Jan Ethes," ucap dia.

Puan menilai, kedekatan Jokowi dan Prabowo sebatas kedekatan Presiden dengan para menterinya.

"Iya dan itu kan sesuai dengan posisi beliau sebagai presiden di mana setiap ada kesempatan untuk bisa berdialog, berbincang tanpa kemudian, apa namanya, sepertinya kalau dekat sama ini seperti ini," jelas Puan.

Sementra itu, politikus PDIP Masinton Pasaribu menyebut hubungan Jokowi dan Prabowo sebatas hubungan kerja dan koordinasi antara menteri dan presiden.

"Ya namanya menterinya kan, presiden ke menteri harus selalu berbarengan, ya kan, tergantung pada tugas kementerian masing-masing," tegas Masinton.

 

4 dari 4 halaman

Presiden Jokowi Nonton Langsung Indonesia vs Argentina

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi hadir langsung untuk menonton pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Argentina di stadion Gelora Bung Karno, Senin 19 Juni 2023.

Jokowi duduk di tribun VIP Timur bersama petinggi lainnya seperti Menteri BUMN dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Kehadiran Jokowi di GBK mendapatkan sambutan antusias dari fans Timnas Indonesia. Jokowi pun tampak melambaikan tangan ke seluruh penjuru stadion dan melayani permintaan foto dari penggemar.

Jokowi tampak sangat menikmati jalannya pertandingan. Bahkan dalam wawancara usai pertandingan, Jokowi mengaku sempat khawatir Timnas Indonesia kebobolan banyak gol.

"Di awal ya, saya takut kebobolan banyak aja. Ternyata bagus-bagus," kata Jokowi di Stadion Utama GBK Senayan, Jakarta, Senin.

Presiden mengungkapkan dirinya khawatir Timnas Indonesia kebobolan banyak gol karena para pemain terlihat grogi pada babak awal pertandingan.

Namun, Timnas Indonesia mulai mengimbangi permainan di babak kedua yang dinilai Jokowi sebagai pertandingan luar biasa.

"Ini sebagai pengalaman besar bagi para pemain karena kita lihat di awal-awal tadi agak nervous grogi mentalnya masih, tapi di babak kedua luar biasa, bisa mengimbangi. Sebagai pengalaman juga sebagai evaluasi bagi timnas kita," kata Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.