Sukses

Kaisar Jepang Dijadwalkan Bertemu Jokowi di Istana Bogor, Senin 19 Juni 2023

Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Kaisar Hironomiya Naruhito ke Indonesia sejak dinobatkan sebagai Kaisar ke-126 Jepang pada tahun 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bersama Permaisuri Masako dalam kunjungan kenegaraan perdana ke Indonesia dijadwalkan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin, 19 Juni 2023.

"Permaisuri Masako akan turut mendampingi Kaisar Jepang Naruhito dalam kunjungan ke Istana Kepresidenan Bogor untuk bertemu Bapak Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangannya kepada awak media di Jakarta, Sabtu.

Kaisar Naruhito bersama Permaisuri Masako melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia dan telah mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Sabtu sore sekitar pukul 16.20 WIB.

Selain bertemu Presiden Jokowi, Kaisar Naruhito juga diagendakan mengunjungi sejumlah tempat lainnya, seperti Depo MRT Lebak Bulus, Stasiun Pompa Waduk Pluit, hingga mengunjungi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Kaisar Hironomiya Naruhito ke Indonesia sejak dinobatkan sebagai Kaisar ke-126 Jepang pada tahun 2019. Kaisar bersama Permaisuri akan berada di Indonesia selama tujuh hari dan akan kembali bertolak ke Tokyo, Jepang, pada Jumat, 23 Juni 2023.

Menyambut kedatangan Kaisar Jepang bersama Permaisuri, di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi.

Mengutip siaran pers Kementerian Luar Negeri Jepang, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam keterangannya menyebut bahwa Indonesia telah lama mengundang Kaisar Jepang untuk berkunjung ke Indonesia, salah satunya saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Tokyo pada bulan Juli 2022.

"Saya yakin kunjungan ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan dan juga kerja sama baik dengan Indonesia, dan saya merasakan kebahagiaan yang luar biasa bersama masyarakat Jepang," ucap PM Fumio.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaisar Harap Hubungan Indonesia-Jepang Semakin Erat

Kaisar Jepang Naruhito berharap bahwa persahabatan dengan Indonesia bisa semakin erat serta akan ada lebih banyak pertukaran para pemuda. 

"Saya berharap pertukaran antara generasi muda negara kita dan Indonesia akan menjadi lebih aktif, dan pertukaran serta persahabatan antara kedua negara akan semakin dalam," kata Kaisar Naruhito dalam konferensi pers di Istana Kekaisaran Jepang, seperti dikutip dari Arab News, Jumat (16/6/2023). 

Kaisar Naruhito juga sempat menyinggung soal tsunami pada tahun 2004 yang terjadi di Aceh, yang membuatnya turut merasa kehilangan atas banyaknya korban jiwa. Dia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Indonesia pasca gempa "Great East Japan" pada Maret 2011. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini