Sukses

Cegah Kejahatan, Baharkam Polri Luncurkan Tim Patroli Perintis Presisi di Seluruh Polda

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Komjen Fadil Imran meluncurkan program Tim Patroli Perintis Presisi di seluruh Kepolisian Daerah (Polda) di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Komjen Fadil Imran meluncurkan program Tim Patroli Perintis Presisi di seluruh Kepolisian Daerah (Polda) di Indonesia. Diketahui, program senada sebelumya sudah ada di Polda Metro Jaya.

"Hari ini saya melaunching Tim Patroli Perintis Presisi di depan para Direktur Samapta dan Dirpamobvit seluruh Indonesia," kata kata Fadil di Polda Metro Jaya, Rabu (14/6/2023).

Fadil menjelaskan, Tim Patroli Perintis Presisi akan mengedepankan pencegahan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. Menurut dia, tugasnya nanti akan seperti dengan Bhabinkamtibmas dan Polisi RW.

"Tim Patroli Perintis Presisi dan Patroli Kota akan melakukan langkah-langkah preventif terhadap potensi gangguan. Binmas, Bhabinkamtibmas dan Polisi RW yang dia intervensi adalah situasi yang menyebabkan orang melakukan kejahatan. Kalau (Tim Patroli Presisi) jauh lebih dalam lagi," urai Fadil.

Fadil memastikan, kunci keberhasilan Tim Patroli Perintis Presisi adalah dengan membuat road map agar tujuan patroli yang jelas dan terukur. Selain itu, identifikasi setiap masalah juga menjadi optimalisasi tugas dan fungsi dari tim ini.

"Solusi, antisipasi, dapat dibuat untuk mengantisipasi dan menyelesaikan permasalahannya," yakin dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harap Dapat Berkoordinasi dengan Stakeholder

Fadil berharap, Tim Patroli Perintis Presisi bisa berkoordinasi dengan stakeholder terkait dan masyarakat. Hal tersebut penting untuk mengoptimalkan kinerja kepolisian.

"Lakukan patroli dialogis berdiskusi dengan masyarakat karena sejatinya masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang terjadinya kontak antara petugas dengan masalah. Cari solusi yang bermanfaat bersama dengan masyarakat, sehingga tingkat kepercayaan semakin hari semakin meningkat," dia memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.