Sukses

Jokowi dan Iriana Bertemu Raja Malaysia di Istana Negara Kuala Lumpur

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengakhiri rangkaian kunjungan kerja ke Malaysia dengan bertemu dengan Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah dan Permaisuri Azizah Aminah Maimunah Iskandariah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengakhiri rangkaian kunjungan kerja ke Malaysia dengan bertemu dengan Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah dan Permaisuri Azizah Aminah Maimunah Iskandariah. Pertemuan tersebut dihelat di Istana Negara, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (8/6/2023).

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan Iriana tiba di Istana Negara pukul 15.35 waktu setempat. Jokowi dan Ibu Iriana disambut Yang di-Pertuan Agong dan Permaisuri dan langsung berfoto bersama.

Setelah itu, Jokowi dan Ibu Iriana menandatangani buku tamu. Sebelum melakukan pertemuan, keduanya juga berfoto bersama dengan keluarga kerajaan.

Setelah bertemu selama 1 jam, Jokowi dan Ibu Iriana meninggalkan Istana Negara menuju Bandara Internasional Kuala Lumpur untuk melanjutkan penerbangan menuju Jakarta.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Dato’ Seri Anwar Ibrahim di Kompleks Seri Perdana, Putrajaya, Malaysia, pada Kamis (8/6/2023). Tiba sekitar pukul 10.00 waktu setempat, Jokowi dan Iriana disambut langsung oleh PM Anwar dan Dato’ Seri Wan Azizah.

Kedatangan Jokowi dan Iriana juga turut disambut oleh persembahan tarian dan silat Melayu. Selanjutnya, Jokowi dan Iriana memasuki salah satu bagian ruangan di Seri Perdana untuk menandatangani buku tamu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nota Kesepahaman Indonesia Malaysia

Setelahnya, PM Anwar mempersilakan Presiden Jokowi menuju area lobi untuk memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara. Setelah itu, PM Anwar mengajak Presiden Jokowi menuju Anjung Perdana untuk melakukan pertemuan empat mata (tête-à-tête).

Usai perbincangan tersebut, kedua pemimpin kemudian menuju Dewan Protokol Hall untuk menyaksikan pertukaran nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) yang telah disepakati oleh kedua negara.

Sejumlah nota kesepahaman yang disepakati adalah:

1. Nota Kesepahaman tentang Border Crossing Agreement antara Menteri Dalam Negeri Indonesia Tito Karnavian dan Menteri Dalam Negeri Malaysia Dato’ Seri Saifuddin Nasution;

2. Nota Kesepahaman tentang Border Trade Agreement antara Menteri Perdagangan Indonesia Zulkifli Hasan dan Menteri Pelaburan, Perdagangan, dan Industri Malaysia Tengku Zafrul Aziz;

3. Nota Kesepahaman tentang Perjanjian Batas Laut Wilayah Segmen Selat Malaka Bagian Selatan antara Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Malaysia Dato' Seri Diraja Zambry Abdul Kadir;

4. Nota Kesepahaman tentang Perjanjian Batas Laut Wilayah Segmen Laut Sulawesi antara Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Malaysia Dato' Seri Diraja Zambry Abdul Kadir;

5. Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama Promosi Investasi antara Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia dan Menteri Pelaburan, Perdagangan, dan Industri Malaysia Tengku Zafrul Aziz;

6. Nota Kesepahaman tentang Sertifikasi Halal antara Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) Kementerian Agama RI Muhammad Aqil Irham dan Ketua Pengarah Kemajuan Islam Malaysia Datuk Hakimah Mohd Yusoff.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.
    Hj. Iriana atau juga dikenal dengan Ibu Iriana Joko Widodo adalah istri dari Presiden Indonesia ketujuh, Ir. H. Joko Widodo.

    Iriana Jokowi

  • Negara serumpun Indonesia yang juga termasuk bagian dari Asia Tenggara
    Negara serumpun Indonesia yang juga termasuk bagian dari Asia Tenggara

    Malaysia