Sukses

Senyum dan Tawa Megawati Saat Dengar Lagu dari Seniman Yogyakarta untuk Ganjar Pranowo

Suasana suka menyelimuti proses pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDI Perjuangan (PDIP) pada hari kedua di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta Suasana suka menyelimuti proses pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDI Perjuangan (PDIP) pada hari kedua di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2023).

Pencipta lagu Sri Krishna atau akrab disapa Encik menyanyikan tembang karyanya di hadapan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Adapun kehadirannya ditemani oleh budayawan Butet Kartaredjasa.

Butet menyampaikan terima kasih kepada Megawati atas sikap-sikap kebangsaan yang selama ini mewarnai dinamika politik Indonesia. Dia mengaku sangat menghormati sikap putri Proklamator RI Soekarno itu.

"Kalau politik, ibu itu sudah tahap makrifat politik," kata Butet.

Butet pun mengenalkan Encik kepada Megawati, Ketua DPP Puan Maharani, Ketua DPP Prananda Prabowo, dan Bendahara Umum Olly Dondokambey.

Di belakang para tokoh itu, ada juga Sekjen Hasto Kristiyanto, Ketua DPP Eriko Sotarduga, Ketua DPP Said Abdullah, Ketua DPP Nusyirwan Soejono, dan Sekretaris Badan Kebudayaan Nasional (BKN) Rano Karno.

Usai diperkenalkan, Encik pun mulai menyiapkan gitarnya dan menyanyikan lagu ciptannya untuk Ganjar Pranowo yang berjudul Ganjar Siji Ganjar Kabeh.

"Tengji, tengbeh, banteng siji banteng kabeh (banteng satu banteng semua). Jarji, jarbeh, Ganjar siji, Ganjar Kabeh (Ganjar satu, Ganjar semua)," nyanyian Encik dalam lagunya.

"Ganjar di mana-mana, Ganjar memang mempesona, sampai kita terpesona, akhirnya harus ke sana," nyanyian Encik berlanjut.

Sejumlah peserta Rakernas pun tampak berdendang mengikuti nyanyian Encik itu.

Suasana semakin ria ketika Encik melanjutkan nyanyiannya dengan menyebut nama Puan. "Wanji, Wanbeh, Puan Siji, Puan Kabeh," begitu penggalan lirik yang dinyanyikan Encik.

Setelah menyinggung Puan, Encik juga mengubah liriknya khusus untuk Megawati.

"Di sini ada Bu Mega. Bu Mega ketua kita. Beliau memang bijaksana. Kita semua mendukungnya. Maji, mabeh, Mega siji, Mega kabeh," dendang Encik disambut tawa Megawati dan seluruh jajaran DPP PDIP.

Megawati tampak tersipu malu saat petikan lagu itu didendangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Pernah Bertemu di Yogyakarta dengan Ganjar

Setelah menyasar kepada Megawati, Encik mengarahkan liriknya kepada Prananda Prabowo atau yang akrab disapa Nanan.

"Juga ada Mas Nanan, ganteng luar biasa, saya tak bisa mengikutinya," tutur Encik disambut kembali riuh para hadirin.

Encik juga melanjutkan lagunya dengan menyinggung Olly Dondokambey dan Rano Karno.

Seperti diketahui, seniman asal Yogyakarta itu mengaku membuat lagu tersebut saat bertemu dengan Ganjar.

Kala itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bertemu sejumlah seniman Yogyakarta di kediaman seniman Butet Kartaredjasa di Dusun Kembaran Tamantirto Kabupaten Bantul, Yogyakarta Minggu 16 Oktober 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • PDIP

  • ganjar

Video Terkini