Sukses

Siasati Kenaikan Harga, Gerbong Pecinta Sandiuno Latih Emak-Emak Buat Sabun Cuci Piring Mandiri

Peluang usaha saat ini sangat dicari oleh masyarakat untuk meningkatkan ekonomi rumah tangga. Selain itu, harga bahan pokok yang melambung juga sedang terjadi, berkaca dari hal tersebut Gerbong Pecinta Sandiuno Klaten melakukan kegiatan Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring guna meminimalisir pengeluaran masyarakat Klaten.

Liputan6.com, Jakarta - Peluang usaha saat ini sangat dicari oleh masyarakat untuk meningkatkan ekonomi rumah tangga. Selain itu, harga bahan pokok yang melambung juga sedang terjadi, berkaca dari hal tersebut Gerbong Pecinta Sandiuno Klaten melakukan kegiatan Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring guna meminimalisir pengeluaran masyarakat Klaten.

Kegiatan pelatihan berlangsung di Aula Desa Tijayan, Klaten, Jawa Tengah, Senin (5/6/2023).

Pembuatan sabun ini merupakan salah satu program yang bertujuan menginspirasi emak-emak untuk membuat sabun cuci piring yang murah dan bisa menjadi salah satu usaha kecil hingga sumber tambahan pendapatan keluarga.

Menurut Ketua Gerbong Pecinta Sandiuno Jawa Tengah, Hafidoh Asro, pelatihan tersebut dinilai sangat bermanfaat untuk emak-emak dan membantu meringankan perekonomian. Adanya pelatihan ini juga untuk mengasah kreativitas masyarakat dalam membuka peluang usaha.

"Pelatihan pembuatan sabun cuci piring ini sangat bermanfaat untuk emak-emak ya dan khususnya kita bisa kembangkan menjadi usaha untuk mereka. Sangat menginspirasi dan ini yang memang kita harapkan untuk bisa menciptakan lapangan kerja," ungkap Hafidoh.

Antusias masyarakat yang begitu tinggi membuat relawan Sandiaga bersemangat untuk melanjutkan pelatihan-pelatihan lainnya. Hafidoh berharap, kegiatan ini mampu menggali potensi emak-emak hingga bisa meningkatkan perekonomiannya.

"Tentu nanti ada program berkelanjutan, jadi pertama pelatihan nanti perminggu kita monitoring. Saya berharap ini bisa menggali potensi emak-emak dan potensi di Desa supaya mereka bisa meningkatkan perekonomian, terima kasih kepada Pak Sandi yang begitu memperhatikan masyarakat bawah," kata Hafidoh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tertantang

Sementara itu Sabekti Fatimah salah satu peserta mengatakan, ia merasa tertantang untuk membuat hal baru. Dirinya menyebut, akan mempelajari lebih dalam ilmu yang baru saja di dapat dan akan membuka peluang usaha baru bagi dirinya maupun masyarakat yang lain.

"Saya belum pernah belajar pembuatan sabun ini jadi saya merasa tertantang aja ingin tau gimana cara bikin sabun cuci piring. InsyaAllah bakal dipelajarin di rumah karena ini termasuk peluang usaha untuk ibu rumah tangga jadi harapannya semoga bisa jadi peluang buat kami menambah penghasilan, jadi lapangan pekerjaan buat semuanya," ungkap Sabekti.

Sabekti juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kelurahan Desa Tijayan yang telah memfasilitasi tempat untuk masyarakat. Terima kasih juga disampaikan kepada relawan Sandiaga karena telah mengadakan pelatihan yang begitu bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini