Sukses

Top 3 News: KPK Sebut Rumah Mewah Rafael Alun di Simprug yang Disita Penyidik Dibeli dari Grace Tahir

Salah satu yang disita KPK adalah rumah mewah mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo (RAT) di Simprug, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kini mulai menyita berbagai aset mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo (RAT) yang bernilai ekonomis. Itulah top 3 news hari ini.

Salah satu yang disita KPK adalah rumah mewah di Simprug, Jakarta Selatan. Menurut Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, rumah mewah di Simprug yang disita tim penyidik itu dibeli dari Bos Mayapada Hospital yang juga anak konglomerat Dato Sri Tahir, Grace Dewi Riady alias Grace Tahir.

Selain itu, Ali menyebut tim penyidik juga menyita satu motor gede Triumph 1200cc di Yogyakarta. Sementara di Jakarta KPK juga telah menyita rumah kos di Blok M dan kontrakan di Meruya, Jakarta Barat milik Rafael Alun.

Sementara itu, Polri memastikan akan bersikap profesional tangani kasus hukum yang seret Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana.

Seperti diketahui, yang bersangkutan dilaporkan terkait dugaan kebocoran putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal sistem Pemilu 2024 yang akan dikembalikan menjadi sistem proporsional tertutup atau coblos partai.

Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Nurul Azizah menegaskan, Polri dalam mengusut sebuah perkara mengedepankan profesionalisme, termasuk kasus Denny Indrayana.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang tak ingin menanggapi terlalu dalam soal wacana Pemerintah Provinsi (Pemprov) yang hendak melangsungkan Formula E Jakarta 2024 dari JIEC Ancol ke sirkuit jalanan protokol Ibu Kota.

Anies menyerahkan sepenuhnya kewenangan tersebut kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang bekerja sama dengan Formula E operation (FEO) selaku penyelenggara global ajang balap mobil listrik tersebut.

Anies menilai, pihak yang mengusulkan ide tersebut pasti sudah memiliki pertimbangan yang matang. Dia tak keberatan apabila memang ada perubahan yang terjadi dalam proses penyelengaraan Formula E Jakarta dari tahun ke tahun.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Minggu 4 Juni 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. KPK Sebut Rumah Mewah Rafael Alun di Simprug yang Disita Penyidik Dibeli dari Grace Tahir

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita berbagai aset mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo (RAT) yang bernilai ekonomis. Salah satu aset yang disita yakni rumah mewah di Simprug, Jakarta Selatan.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, rumah mewah di Simprug yang disita tim penyidik itu dibeli dari Bos Mayapada Hospital yang juga anak konglomerat Dato Sri Tahir, Grace Dewi Riady alias Grace Tahir.

"Objek jual beli aset dimaksud saat ini sudah disita. Rumah yang di Simprug," ujar Ali dalam keterangannya, Minggu 4 Juni 2023.

Tim penyidik KPK menyita berbagai barang bernilai ekonomis dalam penyidikan kasus dugaan penerimaan gratifikasi perpajakan dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Tangani Kasus Denny Indrayana, Polri Sebut Akan Profesional

Polri pastikan akan bersikap profesional tangani kasus hukum yang seret Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana.

Diketahui, yang bersangkutan dilaporkan terkait dugaan kebocoran putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal sistem Pemilu 2024 yang akan dikembalikan menjadi sistem proporsional tertutup atau coblos partai.

Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Nurul Azizah mengatakan Polri dalam mengusut sebuah perkara mengedepankan profesionalisme, termasuk kasus Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana.

"Tidak hanya kasus ini. Polri komitmen untuk profesional dalam melaksanakan pengusutan setiap perkara," kata dia dalam keterangannya, Minggu 4 Juni 2023.

Nurul mengatakan, kasus dugaan kebocoran putusan MK masih dalam tahap penyelidikan. Nurul mengaku akan beberkan perkembangan secara berkala.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Respons Anies soal Wacana Formula E Jakarta 2024 Bakal Digelar di Jalanan Ibu Kota

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak ingin menanggapi terlalu dalam soal wacana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang hendak melangsungkan Formula E Jakarta 2024 dari JIEC Ancol ke sirkuit jalanan protokol Ibu Kota.

Anies menyerahkan sepenuhnya kewenangan tersebut kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang bekerja sama dengan Formula E operation (FEO) selaku penyelenggara global ajang balap mobil listrik tersebut.

Hal ini disampaikan Anies saat ditemui jelang laga Formula E 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu 3 Juni 2023. Anies datang bersama keluarga menonton balapan Formula E Jakarta 2023.

"Saya percayakan kepada teman teman yang sekarang mengelola. Untuk mengambil keputusan yang terbaik. Dan itulah begitu sekarang sudah ada yang mengelola dan sudah ada manejemen biarkan manajemen itu mengambil keputusan," kata Anies.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.