Sukses

BPIP: Jokowi hingga Megawati Bakal Hadir Upacara Akbar Harlah Pancasila 1 Juni di Monas

Tema yang diambil dalam Hari Lahir Pancasila besok adalah Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.

Liputan6.com, Jakarta Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan menggelar upacara akbar guna memperingati Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Drs K H Yudian Wahyudi mengatakan Harlah Pancasila akan digelar di Lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat dan berlangsung pada pukul 06.30 WIB.

"Upacara akbar dilakukan besok di Lapangan Monas dan Pak Presiden Jokowi yang menjadi inspektur upacara," kata Yudian saat jumpa pers di Hotel Arya Duta Jakarta, Rabu (31/5/2023). 

Dia melanjutkan, tema yang diambil dalam Hari Lahir Pancasila besok adalah Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.

Menurut dia, tema ini diambil karena sangat relevan dengan keadaan bangsa dan dunia kekinian. 

“Nilai dari Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana. Seperti saling menghargai bekerja sama peduli dan saling menghormati. Berkat Pancasila juga kita saling bertoleransi bergotong-royong dan menyadari betul bahwa keberagaman yang ada," jelas Yudian. 

Dia pun berharap, dengan peringatan tahunan Harlah Pancasila, BPIP sebagai badan yang bertanggung jawab langsung kepada presiden dapat terus melakukan aktualisasi ideologi terhadap seluruh rakyat Indonesia tentang pentingnya Pancasila dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.

"BPIP berupaya aktualisasi Pancasila di tengah masyarakat tertentu membutuhkan proses sosialisasi yg terencana sistematis. Dan inilah yang menjadi perhatian utama kami," kata Yudian. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Megawati hingga Menteri Jokowi Akan Hadir di Harlah Pancasila 1 Juni 2023

Sebagai informasi, acara upacara akbar yang akan berlangsung di Lapangan Monas Jakarta tersebut akan mengundang jajaran petinggi dan tokoh negara lainnya. Mulai dari Panglima TNI, Kapolri serta jajaran menteri-mentri Kabinet Kerja. 

Selain itu, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Ideologi Pembinaan Pancasila (BPIP) dan Wakl Presiden Try Sutrisno ke-6  yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP dikonfirmasi akan hadir. 

3 dari 3 halaman

Harlah Pancasila, Cak Imin dan Ribuan Kader Penggerak NU Akan Gelar Apel Kebangsaan

Sementara itu, sebanyak 20.000 Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (NU) Sumatera Selatan (Sumsel) akan menghadiri Apel Kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) Pancasila, 1 Juni 2023.

Menurut Wakil Ketua Umum DPP PKB Bidang Kaderisasi Hanif Dhakiri, Apel Kebangsaan besok diinisiasi oleh Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

"Nanti tanggal 1 Juni 2023, Gus Imin akan menggelar Apel Kebangsaan di Desa Tanah Merah, Kecamatan Belitang Madang Raya, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, bersama 20.000 Kader Penggerak NU. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila dan akan dilaksanakan," ujar Hanif dalam keterangan pers diterima, Rabu (31/5/2023).

Hanif menjelaskan, Kader Penggerak NU terdiri dari unsur kader PKB serta kader NU yang memiliki cita-cita besar dalam menjaga, mempertahankan, sekaligus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu, lanjut Hanif, ada juga kegiatan besar lain yang akan digelar bersamaan dengan Apel Kebangsaan yaitu Harlah Muslimat NU. Dia meyakini, acara akan akan semakin semarak. Dia berharap, acara digelar besok semakin menaruh kecintaan dan kesetiaan Kader Penggerak NU serta masyarakat secara umum terhadap Pancasila terpatri kuat.

"Satu hal yang perlu kita garis bawahi bahwa kita menggelar acara ini demi memupuk cinta dan kesetiaan kita pada Pancasila," tegas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.